• Berita

Peringati Bulan Bahasa, UM Purworejo Gelar Lomba Puisi dan Cerpen

  • Berita

Peringati Bulan Bahasa, UM Purworejo Gelar Lomba Puisi dan Cerpen

blog-thumb

Peringati Bulan Bahasa, UM Purworejo Gelar Lomba Puisi dan Cerpen

  • Humas
  • 03 November 2020
  • Dibaca 670 Kali

Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Muhammadiyah Purworejo bekerjasama dengan Lembaga Bahasa dan didukung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Lomba Baca dan Cipta Puisi dan Cerpen pada Selasa, 3 November 2020. Acara diselenggarakan di UPT Perpustakaan UM Purworejo dan diikuti sebanyak 38 peserta lomba, diantaranya mahasiswa UM Purworejo serta beberapa pelajar SMA dan mahasiswa dari Kabupaten Purworejo dan sekitarnya.  

Kepala UPT Perpustakaan, Titi Rokhayati, M.Pd. mengatakan bahwa lomba puisi dan cerpen diadakan dalam rangka memperingati bulan bahasa. Melalui lomba itu diharapkan masyarakat luar lebih sadar akan pentingnya literasi.

“Sangat mendukung dengan adanya lomba ini karena tujuannya untuk mengenalkan UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Purworejo ke masyarakat luar dan agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya literasi,” ungkapnya.

Adapun tema yang diangkat sangat relevan dengan isu yang tengah terjadi saat ini, antara lain “Kebijakan Omnibus Law”, “Pandemi Covid-19”, dan “Sumpah Pemuda”. Para peserta diwajibkan memilih salah satu tema tersebut untuk dilombakan. Sedangkan juri pada perlombaan tersebut terdiri dari para dosen dan mahasiswa UM Purworejo.

Meskipun dalam situasi pandemi, para peserta tampak semangat mengikuti perlombaan tersebut dengan harapan memperoleh juara. Pengumuman kejuaraan dilakukan pada hari Kamis, 5 November 2020 yang terdiri dari Juara 1 - 3 dan Harapan 1 - 3. Berdasarkan penilaian dari juri, pemenang Lomba Baca dan Cipta Puisi dan Cerpen adalah sebagai berikut:  

Lomba Cipta Puisi

Juara 1 : Umi Mahfudoh
Juara 2 : Galang Setyaki Sri Satmoko
Juara 3 : Lusi Novita
Harapan 1 : Aristin
Harapan 2 : Luh Aryani
Harapan 3 : Ricky Wibowo Prasepdika

Lomba Baca Puisi

Juara 1 : Ambarwati Widyaningsih
Juara 2 : Mashud Wisnu Aji S
Juara 3 : Dwi Cahya Triana
Harapan 1 : Alwiyyah
Harapan 2 : Rauf Arrasyid
Harapan 3 : Handika Rizqi Pratama

Lomba Cipta Cerpen

Juara 1 : Yusuf Mahessa Dewo Pasiro
Juara 2 : Yona Anugerah Sunia
Juara 3 : Lina Setiani
Harapan 1 : Ana Siti Nurjannah
Harapan 2 : Harun Yahya
Harapan 3 : Nelu Sahidah