• Berita

Siapkan Kurikulum MBKM, Fakultas Ekonomi UM Purworejo Gelar Workshop Evaluasi Hasil Pembelajaran

  • Berita

Siapkan Kurikulum MBKM, Fakultas Ekonomi UM Purworejo Gelar Workshop Evaluasi Hasil Pembelajaran

blog-thumb

Siapkan Kurikulum MBKM, Fakultas Ekonomi UM Purworejo Gelar Workshop Evaluasi Hasil Pembelajaran

  • Humas
  • 21 Oktober 2020
  • Dibaca 87 Kali

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar workshop Evaluasi Hasil Pembelajaran Kurikulum MBKM pada Rabu, (21/10). Meskipun digelar secara langsung di ruang seminar Kampus Timur UM Purworejo, peserta juga dapat mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Dalam workshop tersebut dihadirkan seorang pembicara dosen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan/Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Dr. Syukrul Hamdi, M.Pd.

Acara diikuti sekitar 60 peserta yang terdiri dari Kepala Program Studi (Kaprodi) dan tim penyusun kurikulum MBKM Prodi di UM Purworejo. Hadir juga pada kesempatan itu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si. yang membuka acara workshop. Dalam workshop tersebut, para peserta diberikan pemahaman mengenai sebuah kurikulum yang adaptif dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Dr. Syukrul Hamdi menyebut bahwa dalam program Merdeka Belajar ini ada tiga jenis literasi yang ditonjolkan, yakni literasi data, literasi digital/teknologi, dan literasi manusia.“Kompetensi berinteraksi dengan berbagai budaya dan belajar sepanjang hayat itu menjadi poin utama,” ungkapnya.  

Selain itu juga dijelaskan mengenai langkah-langkah penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) serta pengembangan instrumen penilaian. “Dalam penilaian, kita mengacu pada Capaian Pembelajaran (CPL). Tidak mungkin membuat kisi-kisi tanpa adanya CPL yang dimaksud,” imbuhnya.

Ketua Tim Kurikulum, Dr. Dwi Irawati, S.E., M.Si., mengatakan bahwa workshop ini digelar sebagai tindak lanjut bantuan hibah program studi menerapkan kerjasama kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa memiliki pengalaman belajar lain di luar program studinya.

“Kegiatan workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada setiap prodi dalam melakukan evaluasi hasil pembelajaran pada Kurikulum MBKM,” ungkapnya.