• Berita

Respon Kebijakan MBKM, Prodi Pendidikan Fisika UM Purworejo Gelar Workshop

  • Berita

Respon Kebijakan MBKM, Prodi Pendidikan Fisika UM Purworejo Gelar Workshop

blog-thumb

Respon Kebijakan MBKM, Prodi Pendidikan Fisika UM Purworejo Gelar Workshop

  • Humas
  • 17 Oktober 2020
  • Dibaca 96 Kali

Program Studi Pendidikan Fisika UM Purworejo menggelar acara workshop “Redesign Kurikulum KKNI – MBKM Merespon Kebijakan MBKM” pada Sabtu (17/10). Acara berlangsung di ruang rapat rektorat diikuti oleh dosen, mahasiswa, dan alumni prodi Pendidikan Fisika UM Purworejo. Adapun narasumber yang dihadirkan yakni Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si. (dosen Pendidikan Fisika UNS) dan Wakil Rektor I Bidang Akademik UM Purworejo, Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si.

Workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Riawan Yudi Purwoko, M.Pd. Dalam sambutannya, Dr. Riawan mengatakan bahwa fakultas mendukung penuh kegiatan workshop tersebut dan berharap agar kurikulum baru dapat segera diimplementasikan. “Di FKIP ini kita berusaha agar sebisa mungkin tahun depan siap untuk mengimplementasi,” ungkapnya.

Terkait kebijakan kampus tentang MBKM, Dr. Siska Desy menjelaskan bahwa pihak kampus telah melakukan pemetaan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) dan mata kuliah wajib maupun pilihan pada tingkat universitas, fakultas, dan prodi di UM Purworejo. Pemetaan yang dilakukan nantinya akan menjadi acuan dari pengembangan kurikulum MBKM.     

“Kita coba untuk menjembatani dalam proses MBKM ini. Jadi yang kami tekankan pada prodi itu adalah proses untuk kita memberikan hak belajar mahasiswa. Kebebasan mahasiswa untuk memilih mata kuliah harus kita fasilitasi,” tegasnya.

Dr. Sarwanto lalu menambahkan bahwa Kampus Merdeka adalah kewajiban, sedangkan Merdeka Belajar adalah hak. Artinya, sebuah prodi menyiapkan kurikulum, mahasiswa berhak untuk memilih antara belajar di prodinya saja atau mengambil mata kuliah diluar prodi atau diluar prodi diluar Perguruan Tinggi. “Tetapi yang menjadi indikator kinerjanya nanti adalah seberapa banyak mahasiswa yang mengambil mata kuliah diluar prodi,” jelasnya.  

Ketua Pelaksana Workshop, Umi Pratiwi, M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari program Kemendikbud yakni Program Studi Menerapkan Kerjasama Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Perlu diketahui juga bahwa Prodi Pendidikan Fisika UM Purworejo sudah merintis dan melaksanakan kerjasama magang, pertukaran pelajar, dan asistensi mengajar untuk mendukung program ini,” tandasnya.