• Berita

Lewat PKM, Mahasiswa UMPWR Inisiasi Program Kesehatan di Gunung Suru

  • Berita

Lewat PKM, Mahasiswa UMPWR Inisiasi Program Kesehatan di Gunung Suru

blog-thumb

Lewat PKM, Mahasiswa UMPWR Inisiasi Program Kesehatan di Gunung Suru

  • Kemahasiswaan, Humas dan Protokoler UMPWR
  • 07 Juli 2024
  • Dibaca 63 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) - Melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat, 3 Mahasiswa UMPWR menginisiasi program kesehatan di kampung Gunung Suru, Desa Sidomulyo, Purworejo. Program kesehatan yang dimaksud adalah cek kesehatan dan senam yang lebih khusus diperuntukkan untuk lansia. Program kreativitas mahasiswa sebenarnya menitikberatkan pada penuntasan buta alquran untuk jamaah musholla Gunung suru, tetapi perlu adanya program lainnya agar program bisa berjalan lebih meriah. 

Paridi selalu Ketua takmir Musholla Gunung Suru mengatakan, "Kalau ini Musholla baru, yang antusias belajar malah yang tua. Kalau ngaji taklim sudah biasa, warga sini pengen bisa khatam Quran meski di usia tua" jelas Paridi.  Lebih lanjut Paridi mengapresiasi program lanjutan yang diinisiasi yaitu program senam dan cek kesehatan. 

"Ya lansia semakin suka dengan cek tensi dan penimbangan BB. Sudah sesuai dengan himbauan desa tentang kesehatan lansia. Apalagi ini ada senam, maunya seminggu sekali, tapi kan menyesuaikan jadwal dari instruktur. Ini sudah luar biasa", ucap Paridi mengapresiasi. 

Kegiatan senam bersama warga Gunung Suru, Desa Sidomulyo, Purworejo


Saddam selalu Ketua tim PKM PM program Penuntasan Buatan Alquran (PPBA) mengatakan bahwa kuwalahan dengan antusiasme warga. "Program kesehatan ini sungguh antusias menyambut luar biasa, hanya diprogram sebulan sekali untuk tensi dan sebulan sekali untuk senam, ini pada minta sepekan sekali. Ya akhirnya program bukan lagi milik kami, tapi milik masyarakat Gunung Suru. Kami senang dengan antusiasme ini", ucap mahasiswa Prodi Manajemen UMPWR ini. 

Wilayah Gunung Suru sendiri terdiri dari 3 wilayah administratif yaitu RT 04/01 dan 01/07 Desa Sidomulyo dan RT 01/01 Desa Wonotulus. Program PKM yang dijalankan disini adalah penuntasan buta Alquran, taklim, kajian fiqh, pemeriksaan kesehatan dan senam. Sejauh ini, dukungan banyak pihak terutama keinginan yang besar menyambut program dari masyarakat Gunung Suru membuat program berjalan sangat baik.