• Berita

UMPWR Kukuhkan 146 Guru Profesional PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

  • Berita

UMPWR Kukuhkan 146 Guru Profesional PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

blog-thumb

UMPWR Kukuhkan 146 Guru Profesional PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023

  • Humas dan Protokoler UMPWR
  • 29 Juni 2024
  • Dibaca 106 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) – melaksanakan Pengukuhan Guru Profesional Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Kategori 1 Angkatan 3 Tahun 2023 pada Sabtu, 29 Juni 2024 di Auditorium Kasman Singodimejo UMPWR. Sebanyak 146 mahasiswa PPG dari formasi bidang studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Teknik Otomotif dikukuhkan pada kesempatan tersebut. Selain secara luring, Pengukuhan ini juga diselanggarakan secara daring. 

Sebelumnya Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan telah terselenggara dari bulan  November 2023 sampai dengan Februari 2024 secara daring. Adapula mahasiswa dari luar Jawa Tengah, yaitu wilayah Indonesia Timur seperti Papua, dan Barat seperti Sumatera dan Jawa Barat. Pada acara pengukuhan ini dihadiri oleh Ketua BPH UMPWR, Drs. H. Mohammad Hamidi, M.Pd., Rektor UMPWR Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd., para Wakil Rektor UMPWR., Dekan FKIP UMPWR Dr. Riawan Yudi Purwoko, M.Pd., Koordinator PPG Dr. Yuli Widiyono, M.Pd. dosen dan guru pamong program PPG UMPWR.

Ketua BPH UMPWR Drs. H. Mohammad Hamidi, M.Pd menjelaskan bahwa setidaknya ada 4 kompetensi yg harus dimiliki guru profesional yaitu kompetensi pedagogi, kompetensi, sosial, kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional yg ditandai sertifikat pendidik.  "Ciri utama guru profesional adalah selalu dicintai murid muridnya. Kehadirannya sangat dinantikan oleh murid muridnya", jelasnya.

Koordinator PPG Dr. Yuli Widiyono, M.Pd., berpesan bahwa setelah disumpah dan diangkat menjadi guru professional, diharapkan dapat terus berinovasi dalam pendidikan demi memajukan pendidikan Indonesia. 

Rektor UMPWR Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd.,dalam sambutannya menyampaikan bahwa para guru harus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, terutama di era digital saat ini. “Kedepan semakin ketat apalagi di era sekarang yg serba internet sehingga bapak ibu guru jangan sampai kalah dengan para siswanya. Sekarang para siswa kalau membuat tugas sudah sangat cepat menggunakan chat gpt, bahkan sekarang chat gpt sudah diakui dalam penulisan artikel ilmiah. Karena perkembangan era saat ini, sehingga perkembangan AI ini memang harus kita prediksi”, jelasnya.

Rektor UMPWR tidak lupa berpesan agar mempercayakan putra-putri bapak ibu guru tersebut untuk berkuliah di UMPWR. “Insyaallah kami berusaha untuk berkembang untuk menjadi lebih baik”, tuturnya.