• Berita

Lahirkan Wirausaha Sosial, Prodi Psikologi UMPWR Adakan Event EXPOLOGY

  • Berita

Lahirkan Wirausaha Sosial, Prodi Psikologi UMPWR Adakan Event EXPOLOGY

blog-thumb

Lahirkan Wirausaha Sosial, Prodi Psikologi UMPWR Adakan Event EXPOLOGY

  • Prodi Psikologi, Humas dan Protokoler UMPWR
  • 25 Juni 2024
  • Dibaca 104 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) – Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial menyelenggarakan event bertajuk Expology. Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 300 peserta terdiri dari Dosen, mahasiswa semester 2, 4, 6, dan 8 Prodi Psikologi serta delegasi Hima/UKM di UMPWR ini diselenggarakan pada Sabtu, 15 Juni 2024 lalu di Auditorium Kasman Singodimedjo. Expology bertujuan untuk menghasilkan wirausaha sosial pemula dimana nantinya usaha yang dijalankan oleh mahasiswa akan bisa berdampak kepada masyarakat luas.

Eevent ini diramaikan dengan pameran kewirausahaan, produk dan seni Psikologi serta juga talkshow. Pembicara talkshow pada event ini adalah Muchamad Rosid yang merupakan alumni Prodi Psikologi UMPWR sekaligus owner percetakan Fast Print dan juga Annisa Puspita Sari, alumni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang juga sebagai owner Bananaina English Course.

Event ini diikuti oleh 32 Stand wirausaha, yang mana 29 stand diantaranya merupakan produk kewirausahaan sosial seperti Aplikasi Mind Care yang berfokus mengatasi kecemasan akademik mahasiswa, Rescue Watch sebagai alat untuk membantu mencegah kekerasan seksual pada remaja, Sekolah Pranikah Nusantara yang berkomitmen untuk memberikan edukasi dan konsultasi psikologi pra nikah untuk mengurangi kasus perceraian dan 26 produk kewirausahaan lain yang tidak kalah menariknya. Seluruh produk yang dihadirkan ini mengusung dampak sosial, seperti memberikan layanan kepada masyarakat menengah kebawah dengan tarif semampunya, membayar dengan hasil bumi dan juga membantu masyarakat yang terpinggirkan seperti difabel, masyarakat miskin dan korban kekerasan.

“Hal ini tentu sesuai dengan spirit Al- Maun yang menjadi prinsip di Muhammadiyah. Muhammadiyah sendiri telah mengimplementasikan kewirausahaan sosial semenjak zaman K.H Ahmad Dahlan, yang berdagang dengan tujuan memberdayakan masyarakat. Kami berharap 29 Wirausaha sosial pemula ini bisa dikembangkan menjadi wirausaha yang lebih besar dikemudian hari, sehingga spirit ini harus terus dijaga“ Ujar Dekan FIS Itsna Iftayani, S.Pd.I., M.A., di sela-sela proses penjurian.