• Berita

Prodi Peternakan UMPWR Implentasi Kerja Sama Internasional ke UiTM Malaysia

  • Berita

Prodi Peternakan UMPWR Implentasi Kerja Sama Internasional ke UiTM Malaysia

blog-thumb

Prodi Peternakan UMPWR Implentasi Kerja Sama Internasional ke UiTM Malaysia

  • Humas dan Protokoler UMPWR
  • 11 Juni 2024
  • Dibaca 93 Kali

Inisiasi Kerja sama oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd dan Wakil Rektor bidang Al Islam Kemuhammadiyahan dan Kerja Sama Assoc. Prof. Dr. Tusino diimplementasikan dengan melakukan kunjungan kerja ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) Pahang, Malaysia pada 4 - 7 Juni 2024 lalu. Kunjungan UMPWR ke Universiti Teknologi MARA (UiTM) Pahang, Malaysia diterima oleh Rektor  Prof. Dr. Wan mohd. Nazri b. Wan abd. Rahman, Wakil Rektor Bidang Akedemik Prof. Madya Dr. Hjh. Nazirah binti Ramli, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan  Dr. Hj Mohd Kamal Azman bin Jusoh, Ketua  Lawatan Muhibbah Dr. Hasnizawati Hashim dan beserta jajaran petinggi dari Fakultas Perladangan dan Agroteknologi.

Implenetasi kerja sama International Join Research dan Teaching Collaboration yang diwakilkan oleh kepala KUI Dr. Jeki Wibawanti, M.Eng., M.Si.  dan  Isna Windani, S.P.,M.Sc. dosen Prodi Agribisnis. Penelitian dari Prodi Peternakan diketuai oleh Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Dr.Roisu E. Mudawaroch, M.P dan Dosen UiTM dengan ketua Dr. Nor Hidayatun Abdul Razak. Tim anggota penelitian antara lain:  Rinadiwiastuti, M.Si, Ir. Zulfanita, M.P, dan Faruq Iskandar, M.Si,. Penelitian dengan judul The Influece of Halal, Food Safety, and Quality on Students Buying Decision Process for Halal Food Products. Penelitian ini berkaitan dengan daya beli mahasiswa UMPWR dan UiTM terhadap produk halal, keamanan pangan, dan kualitas produk pada produk halal hasil peternakan. Melalui kesempatan penelitian kolaborasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perilaku konsumen terhadap produk pangan halal yang beredar saat ini. Penelitian ini mengambil lokasi di UiTM kampus Jengka dan Kampus Raub district pahang malaysia serta UMPWR Indonesia, dengan sampel sejumlah 300 responden mahasiswa secara purposive.


Sebelum penelitian dilakukan Dr. Jeki Wibawanti melakukan Teaching Collaboration dengan  sekitar 130 mahasiswa UiTM Pahang. Materi terkait dengan Urgensi Halal dalam Pemasaran Produk Hasil Peternakan. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan produk ternak halal, penerapan sertifikasi halal sebagai strategi pemasaran sangat penting untuk menunjang keberlanjutan jangka panjang. Dengan mengedepankan kepatuhan halal dan kepercayaan konsumen, maka  produsen produk–produk peternakan dapat membuka peluang pasar baru sebagai awal bagi Indonesia menjadi pusat industri halal dunia. Kegiatan lainnya yaitu Benchmarking dengan Fakultas Perladangan dan Agroteknologi. Kunjungan juga dilakukan dilapangan melihat perkebunan sawit, pusat riset dan perkebunan durian montong, peternakan sapi, perkebunan nanas, budidaya melon dalam green house. 

Assoc. Prof. Dr. Tusino  selaku Wakil Rektor IV mengharapkan bahwa kegiatan kerja sama internasional ini dapat meningkatan  jejaring dosen dalam penelitian maupun koraborasi mengajar yang nantinya memberikan dampak positif terhadap animo mahasiswa UMPWR, khususnya Prodi Peternakan akan semakin diminati siswa.