• Berita

UMPWR Dorong Mobilitas Internasional Melalui Intenational Joint Research dan Teaching Collaboration ke UiTM Malaysia

  • Berita

UMPWR Dorong Mobilitas Internasional Melalui Intenational Joint Research dan Teaching Collaboration ke UiTM Malaysia

blog-thumb

UMPWR Dorong Mobilitas Internasional Melalui Intenational Joint Research dan Teaching Collaboration ke UiTM Malaysia

  • KUI, Humas dan Protokoler UMPWR
  • 08 Juni 2024
  • Dibaca 79 Kali

Universitas Muhamamdiyah Purworejo (UMPWR) melakukan Implentasi MoU antara UMPWR dengan University Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Pahang, Malaysia pada 4 – 7 Juni 2024. MoU yang telah ditanda tangani oleh  Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd selaku Rektor UMPWR dan Wakil Rektor IV bidang AIK dan Kerja Sama, Assoc. Prof. Dr. Tusino kini ditindaklanjuti dengan pelaksanaan kegiatan melalui Unit Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI). Program Sabbatical Leave (SL) yang dilakukan yaitu International Joint Research. Kegiatan SL selain melakukan International Join Research juga dengan melakukan Teaching Collaboration yang diwakili oleh Dr. Jeki Wibawanti, M.Eng., M.Si, Isna Windani, S.P.,M.Sc. dan Meriam Esterina, M.Psi.,Psi.

Dosen Program Studi Peternakan dan Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian (Faperta) UMPWR melakukan International Joint Research dengan Universiti Teknologi MARA (UiTM) yang diketuai oleh Dekan Faperta Dr.Roisu E. Mudawaroch, M.P  dan Dosen UiTM dengan ketua Dr. Nor Hidayatun Abdul Razak dengan judul The Influece of Halal, Food Safety, and Quality on Students Buying Decision Process for Halal Food Products. Penelitian ini berkaitan dengan daya beli mahasiswa UMPWR dan UiTM terhadap produk halal, keamanan pangan, dan kualitas produk pada produk halal hasil peternakan. 

Dr. Jeki sebagai Kepala KUI sekaligus sebagai Dosen Peternakan selain melakukan International Join Research  juga melakukan Colloborative Teaching di UiTM Cawangan Pahang Kampus Jengka menyampaikan materi terkait dengan Urgensi Halal dalam Pemasaran Produk Hasil Peternakan. Seiring dengan meningkatnya permintaan akan produk ternak halal, penerapan sertifikasi halal sebagai strategi pemasaran sangat penting untuk menunjang keberlanjutan jangka panjang. Dengan mengedepankan kepatuhan halal dan kepercayaan konsumen, maka  produsen produk–produk peternakan dapat membuka peluang pasar baru sebagai awal bagi Indonesia menjadi pusat industri halal dunia.

Dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Ibu Isna Windani, S.P.,M.Sc. berkesempatan untuk melakukan teaching collaboration dengan sekitar 130 mahasiswa UiTM. Materi yang disampaikan terkait marketing mix strategis, khususnya dalam hal strategi sosial dan jasa. Tema ini merupakan teori crusial berkaitan dengan strategi pemasaran yang paling efektif untuk bidang industri, jasa dan manufaktur diera revolusi industri 4.0, yang dimana indonesia sudah mulai menerapkan konsep ini disegala bidang khususnya untuk bisnis pertanian. Dalam kaitannya dengan agribisnis, terdapat beberapa pokok bahasan utama yang disampaikan yaitu konsep 7P manajemen pemasaran hingga perilaku konsumen, yang pada akhirnya diharapkan industri dibidang pertanian baik dari sisi onfarm maupun offfarm dapat berdaya saing optimal dalam menapaki era digital saat ini. 

Dosen Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Meriam Esterina, M.Psi.,Psi dan Wanodya Kusumastuti, M.Psi.,Psi juga melakukan International Join Research dengan dosen UiTM Cawangan Pahang Kampus Raub  yaitu Dr. Hanizawati Hashim dan Dr. Fazreena Mansor. Judul penelitian Well Being of Students in Higher Education: The Influence of Psychologicl Capital and Learning Agility with Spiritual Intellegence as Moderting.

Selain melakukan penelitian bersama, Meriam Esterina, M.Psi.,Psi dalam teaching collaboration juga menyampaikan bahwa menjaga kesehatan dan keselamatan kerja adalah hal yang perlu senantiasa diperhatikan. Karyawan yang merasa organisasi tempatnya bekerja memperhatikan safety, cenderung akan meningkatkan produktivitas mereka. Psychosocial safety climate (PSC) merupakan suatu upaya menciptakan iklim kerja yang suportif terhadap kondisi psikososial para karyawannya. Adanya perhatian pada tumbuhnya perasaan positif dalam bekerja dan interaksi sosial yang suportif akan menghadirkan kenyamanan dalam bekerja. Dengan hal ini diharapkan kesehatan dan keselamatan kerja dapat semakin meningkat.

Ditemui terpisah, Wakil Rektor IV UMPWR Assoc. Prof. Dr. Tusino menyampaikan, “diharapkan kegiatan Mobilitas Internasional ini dapat menghasilkan luaran publikasi internasional, sehingga menjadi referensi pada bidang keilmuan ekonomi pertanian dan psikologi industri dan organisasi serta dapat meningkatkan kerjasama untuk kedua Negara”.