• Berita

PGSD UMPWR Adakan Seminar Nasional Menghadapi Perkembangan Artificial Intelligence

  • Berita

PGSD UMPWR Adakan Seminar Nasional Menghadapi Perkembangan Artificial Intelligence

blog-thumb

PGSD UMPWR Adakan Seminar Nasional Menghadapi Perkembangan Artificial Intelligence

  • Humas dan Protokoler UMPWR
  • 06 Juni 2024
  • Dibaca 71 Kali

Universitas Muhamamdiyah Purworejo (UMPWR) – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2024 dengan tema “Penguatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran di Era Teknologi AI (Artificial Intelligence)”. Seminar Nasional ini diselenggarakan di Auditorium Kasman Singodimejo UMPWR pada Selasa (5/6/2024) kemarin.

Pembicara dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ali Mustadi, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. Riawan Yudi Purwoko, S.Si.,M.Pd., yang merupakan dekan FKIP UMPWR. Turut hadir Rektor UMPWR, Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd., Wakil Rektor I UMPWR, Dr. Dwi Irawati, S.E., M.Si., Ketua Program Studi PGSD UMPWR, Rintis Rizkia Pangestika, M.Pd., para dosen PGSD UMPWR, dan 10 guru Sekolah Dasar di sekitaran UMPWR. Adapun peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa PGSD UMPWR semester 2 dan 6, serta peserta umum dengan jumlah total 166 peserta dan 117 pemakalah.

Rektor UMPWR, Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini perkembangan AI sangatlah cepat. “Saat ini anak didik kita sudah di era 21, anak-anak yang ada sudah merupakan generasi Alfa, jadi jangan sampai cara-cara kita masih menggunakan cara untuk generasi 20. Jadi, harus mengikuti perkembangan zaman”, jelasnya.


Dr. Riawan Yudi Purwoko, M.Pd dalam materinya menyampaikan “Dengan teknologi dapat melahirkan pemikiran pemikiran kritis, analitis, dan merujuk pada pemecahan masalah baik yang bersifat kontekstual dan konseptual dalam kehidupan. Namun di sisi lain dengan adanya teknologi yang merambah luas di seluruh dunia harus berpikir bijak dalam menggunakannya dan menggunakannya sebagaimana mestinya agar tidak menimbulkan dampak yang negative ”.

Prof. Dr. Ali Mustadi, M.Pd dalam materinya menyampaikan “Guru yang profesional adalah guru yang selain menguasai 4 kompetensi guru juga harus kreatif, inovatif, dapat menguasai kelas dengan baik, tidak alergi terhadap teknologi serta yang selalu dirindukan oleh para peserta didik. Guru yang kreatif akan menjadikan siswa yang konstruktif, Guru yang baik adalah guru yang mencerdaskan dan menyelamatkan ,Guru yang inovatif adalah guru yang selalu mengikuti perkembangan zaman khususnya teknologi informasi dalam pembelajaran”.

Terkait kegiatan ini Ketua Panitia Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2024, Nurhidayati, S.Pd.I., M.Pd. menyampaikan bahwa Seminar Nasional yang dilaksanakan ini merupakan salah satu program kerja Program Studi  Pendidikan Guru sekolah dasar yang dirancang untuk memenuhi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU). “Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari para narasumber, juga diharapkan mahasiswa mampu mempersiapkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar dalam Proses Pembelajaran di Era Teknologi yang semakin pesat,” ujarnya. Menurutnya, kegiatan ini telah berjalan sesuai harapan. hal itu dapat dilihat dari realisasi kegiatan yang sesuai dengan rencana baik dari aspek teknis pelaksanaan, narasumber, hingga peserta.