• Berita

Internasionalisasi Kampus, Prodi PTO UMPWR Gelar International Guest Lecture

  • Berita

Internasionalisasi Kampus, Prodi PTO UMPWR Gelar International Guest Lecture

blog-thumb

Internasionalisasi Kampus, Prodi PTO UMPWR Gelar International Guest Lecture

  • Konjuri.com dan Humas UMPWR
  • 08 Mei 2024
  • Dibaca 89 Kali

Program Studi PTO (Pendidikan Teknik Otomotif) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) menggelar International Guest Lecture atau Kuliah Tamu Internasional, dengan Pembicara Ir.Ts. Dr. Muhammad Yusri bin Ismail dari Universiti Malaysia Pahang pada Jum’at (03/05/2024) siang lalu di Ruang Seminar Kampus Timur UMPWR. Kegiatan International Guest Lecture ini diikuti oleh 91 peserta, terdiri dari mahasiswa PTO UMPWR semester 2 dan 4 serta beberapa dosen PTO.

Dalam Internasional Guest Lecture ini, diawali dengan penandatanganan naskah kerja sama atau MoU antara Universiti Malaysia Pahang dengan UMPWR. Dari UMPWR diwakili Dekan FKIP yaitu Dr. Riawan, M.Pd.,dan dari Universiti Malaysia Pahang diwakili Ir.Ts. Dr. Muhammad Yusri bin Ismail. Acara dibuka oleh Wakil Rektor IV yaitu Dr. Tusino, M.Pd. B.I. Beliau berharap, dengan diadakannya International Guest Lecture ini wawasan yang didapatkan peserta menjadi wawasan global.

“Sehingga tidak hanya diajarkan dari pendidik lokal atau nasional saja, namun juga dari pakar ahli internasional,” ujarnya dalam kesempatan tersebut.

Dari materi yang disampaikan tentang Automotive Industry in Malaysia and Current State of Automotive Engineering Technology, kata Tusino, menjadi gambaran implementasi teknologi terkini yang berkembang di luar negeri.

“Sehingga teknologi yang ada di Indonesia dapat berkembang atau diupgrade lagi,” ungkap Dr. Tusino.

 

Pelaksanaan International Guest Lecture dimoderatori oleh Dr. Suyitno, M.Pd. Di hadapan peserta, Dr. Suyitno membacakan profil dari Ir.Ts. Dr. Muhammad Yusri Ismail. Dr.Suyitno juga menyebut, bahwasannya keterkaitan International Guest Lecture ini pada suatu mata kuliah sistem kontrol elektronik atau engine management sistem.

Di hadapan para peserta, narasumber Dr. Muhammad Yusri bin Ismail menyampaikan atau memaparkan tentang hal Automotive Industry in Malaysia ataupun tentang engine management sistem. Berlangsung selama kurang lebih 4 jam, usai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi.

Kegiatan International Guest Lecture diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan atau cinderamata dan sertifikat kepada Ir.Ts. Dr. Muhammad Yusri Ismail oleh ketua program studi pendidikan teknik otomotif. Usai kegiatan, Kaprodi PTO UMPWR Dwi Jatmoko, M.Pd., mengungkapkan, bahwa kegiatan International Guest Lecture berjalan lancar, selama diskusi juga berjalan baik dan mahasiswa atau peserta banyak berdiskusi kepada narasumber.

Dari Prodi PTO berharap, kegiatan International Guest Lecture ini bisa diisi oleh rekan-rekan dari luar negeri, khususnya dosen yang nantinya bisa bersinergi dengan mata kuliah di kurikulum prodi PTO.

“Sehingga secara wawasan bisa bertambah dan mengupdate teknologi maupun meningkatkan up skilling dari mahasiswa,” pungkas Dwi Jatmoko.