• Berita

Dosen UMPWR Berpartisipasi dalam Sosialisasi dan Bimtek Revitalisasi LPTK 2024 bagi PTMA

  • Berita

Dosen UMPWR Berpartisipasi dalam Sosialisasi dan Bimtek Revitalisasi LPTK 2024 bagi PTMA

blog-thumb

Dosen UMPWR Berpartisipasi dalam Sosialisasi dan Bimtek Revitalisasi LPTK 2024 bagi PTMA

  • Humas
  • 08 April 2024
  • Dibaca 178 Kali

Sosialisasi dan bimbingan teknis program hibah revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) telah berlangsung pada hari Rabu hingga Jumat, tanggal 3 - 5 April 2024 di hotel RAYZ UMM di Malang. Sebanyak 67 peserta dari 27 Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) mengikuti kegiatan ini.

UMPWR turut berpartisipasi sebagai peserta dengan mengikutsertakan Wakil Dekan FKIP, Herlina Setyowati, M.Pd. dan pengelola program studi PPG, Dr. Puspa Dewi, M.Pd. Program Revitalisasi LPTK merupakan program pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyelenggaraan PPG melalui pembukaan Prodi baru dan Bidang Studi baru PPG bagi perguruan tinggi. Aspek yang menjadi sasaran di antaranya panduan, instrumen, atau dokumen lain penyelenggaraan PPG, penyelengaraan pembelajaran mikro reflektif berbasis TIK, pusat sumber belajar terintegrasi TIK, dan pembelajaran daring berbasis LMS.

Prof. Dr. Harun Joko Prayitno selaku ketua asosiasi LPTK PTMA menyampaikan dalam pidatonya “Kita harus menyiapkan mutu tata kelola kita supaya mampu bersaing sebagai lembaga yang menghasilkan pendidik profesional di tengah era komunikasi global saat ini”. Hadir selaku pemateri yakni Aulia Ni’matu Fajar selaku Ketua Tim Pokja Penataan Kelembagaan Perguruan Tinggi Akademik serta tim LPTK Direktorat kelembagaan, yakni Hari Wibawanto (Universitas Negeri Semarang), Elvira (Universitas Pamulang), Saliman (Universitas Negeri Yogyakarta), dan Riyadi (Universitas Negeri Jakarta). Luaran dari kegiatan sosialisasi dan bimtek ini ialah masing-masing LPTK PTMA se-Indonesia menyusun dan mengusulkan proposal hibah LPTK untuk tahun pendanaan 2024.