• Berita

17 Ramadan 1445 H, UMPWR Gelar Pengajian Nuzulul Quran

  • Berita

17 Ramadan 1445 H, UMPWR Gelar Pengajian Nuzulul Quran

blog-thumb

17 Ramadan 1445 H, UMPWR Gelar Pengajian Nuzulul Quran

  • Humas
  • 28 Maret 2024
  • Dibaca 141 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) menyelenggarakan pengajian Nuzulul Qur’an di Masjid Kampus pada Rabu, 27 Maret 2024 malam atau bertepatan dengan 17 Ramadan 1445 H. Pembicara dalam pengajian ini adalah Ustadz Mahfud Khoirul Amin, S.IP., M.A., selaku Kepala Program Pembinaan UNIRES Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sekaligus Sekretaris Asosiasi Pengelola Asrama Mahasiswa (ASLAMA) PTMA. Pengajian dilaksanakan setelah shalat tarawih yang diimami oleh Ustadz Nasrudin, M.S.I.

17 Ramadan adalah peristiwa dimana Al Quran diturunkan kepada Rasulullah Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril di Gua Hiro. Ustadz Mahfud menjelaskan pentingnya mengkaji Al Quran. “Maka ketika kita senang mengkaji Al Quran, membaca Al Quran, semoga dengan itu Allah memuliakan diri kita sebagaimana Allah memuliakan segala sesuatu yang melekat dengan Al Quran”, jelasnya. Beliau juga menjelaskan bahwa Al Qur’an menghindarkan diri kita dari rasa takut dan rasa khawatir dalam menjalani kehidupan. 

Dijelaskan oleh Ustadz Mahfud, untuk mencintai Al Quran, manusia mempunyai 4 cara atau tahapan untuk mencintai Al Quran yaitu pertama memang harus dipaksa hingga menjadi terbiasa. Apabila sudah menjadi terbiasa membaca Al Quran, maka membaca Al Quran itu akan menjadi kebutuhan. Ketika sudah menjadi kebutuhan, maka tatkala kita membaca dan memahami Al Quran, kita akan mendapatkan kenikmatan.

Ustadz Mahfud juga berpesan kepada para jamaah untuk selalu tepat waktu dalam melaksanakan Sholat. Jangan pernah menunda-nunda Sholat. “Sholat harus On Time, karena mati itu any time. Jangan tertipu dengan usia, karena yang mati bisa yang muda”, pesannya. Ibadah bukanlah sekedar rutinitas, tapi ibadah juga harus berdampak pada aktivitas.