• Berita

UMPWR Menjadi Tuan Rumah Pengajian Ramadan 1445 H PWM Jateng untuk Wilayah Kedu Raya

  • Berita

UMPWR Menjadi Tuan Rumah Pengajian Ramadan 1445 H PWM Jateng untuk Wilayah Kedu Raya

blog-thumb

UMPWR Menjadi Tuan Rumah Pengajian Ramadan 1445 H PWM Jateng untuk Wilayah Kedu Raya

  • Humas
  • 23 Maret 2024
  • Dibaca 115 Kali

PURWOREJO (23/3/2024) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) dipercaya oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah menjadi tuan rumah pengajian Ramadan 1445 H wilayah Kedu Raya pada Sabtu, 23 Maret 2024. Pengajian Ramadan ini bertemakan “Masjid dan Pemberdayaan Akar Rumput Muhammadiyah”. Kegiatan Pengajian Ramadan 1445 H ini dilaksanakan serentak di Jawa Tengah secara Hybrid diantaranya Semarang Raya (UNIMUS), Pekalongan Raya (UMPP), Pati Raya (UMKU), Solo Raya (UMS), Banyumas Raya (Ponpes Modern Zam-Zam Muhammadiyah Banyumas), dan Kedu Raya (UMPWR).

Kegiatan untuk wilayah Kedu Raya ini dilaksanakan di Auditorium Kasman Singodimejo UMPWR dan dihadiri oleh kurang lebih 600 peserta dari PCM Muhammadiyah se-Purworejo, PDM Purworejo, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Kebumen. 

Acara dimulai pada pukul 09.25 WIB dengan sambutan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, K.H. Dr. Tafsir, M.Ag., yang disampaikan melalui Zoom Meeting dari UMS. Dr. Tafsir menekankan bahwa perlunya menambah dan memperkuat basis dakwah Muhammadiyah. “Muhammadiyah tidak hanya menambah isi kepala, tapi juga perlu memperbanyak kepala”., jelasnya. Memerbanyak kepala artinya memperbanyak jamaah dan warga Muhammadiyah. 

Acara dilanjutkan dengan Pidato Iftitah dari Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof.Dr. Haedar Nashir, M.Si, juga melalui Zoom. Ketum mengajak jamaah untuk memberdayakan masjid dan ranting dengan dakwah yang menggembirakan dan memberdayakan Muhammadiyah di akar rumput. Dalam upaya memperbanyak kepala, juga harus dibarengi dengan menambah isi kepala, sehingga dapat menggembirakan dan memberdayakan akar rumput berbasis ranting dan masjid.

Ketum mengatakan,  “Jika dari pengajian Ramadan ini dapat menambah jumlah kepala, maka dari hilir sampai hulunya juga harus diluruskan dan dibenahi. Karena jika menambah jumlah warga Muhammadiyah, tetapi pola pikir dan cara yang dilakukan masih keliru, justru akan mengurangi jumlah kepala”, jelasnya.

Rektor UMPWR, Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd., dalam membuka kegiatan Pengajian Ramadan 1445 H wilayah Kedu Raya di UMPWR menyampaikan beberapa hal tentang Universitas Muhammadiyah Purworejo, diantaranya adalah bahwa penyebutan singkatan Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah UMPWR, bukan UMP. “Universitas Muhammadiyah Purworejo itu singkatannya UMPWR, karena kalau UMP itu sudah dipakai oleh Purwokerto”, jelasnya. Dr.Teguh juga mengajak kepada warga Muhammadiyah untuk menyekolahkan dan mengkuliahkan putra-putrinya di Lembaga Pendidikan milik Muhammadiyah.

Acara dilanjutkan oleh Sambutan Koordinator Wilayah Muhammadiyah Kedu Raya, Muh. Abduh Hisyam, S.Ag., yang juga merupakan Wakil Ketua PWM Jateng, kemudian dimulai materi Pengajian oleh Ruswa Darsono, S.T., pada materi Pertama, Dr. H. Ibnu Hasan, M.Si., dan PRM Gunungpring Magelang pada materi II, serta yang terakhir oleh Dr. H Ali Trigiyatno, M.Ag., dan Sabar Triwaluyo, S.E., pada materi ketiga. 

Acara sendiri berakhir pada pukul 17.00 WIB, dan dilanjutkan dengan persiapan dan buka puasa Bersama di UMPWR. 


 
Slot Deposit 5k Slot Terbaik Depo 5k Asia76 Daftar Asia76 Login Asia76 Link Alternatif Asia76 Rtp Live Asia76 Slot Gacor Depo 5k