• Berita

Memajukan dan Mengembangkan PTMA, UMPWR bersama UM Malang Adakan Sosialisasi Program 5000 Doktor

  • Berita

Memajukan dan Mengembangkan PTMA, UMPWR bersama UM Malang Adakan Sosialisasi Program 5000 Doktor

blog-thumb

Memajukan dan Mengembangkan PTMA, UMPWR bersama UM Malang Adakan Sosialisasi Program 5000 Doktor

  • Humas
  • 12 Februari 2024
  • Dibaca 221 Kali

PURWOREJO (12/2/2024) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Sosialisasi Program 5000 doktor sekaligus penandatanganan Kerja Sama antara UMPWR dengan UMM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang Rapat Utama UMPWR. Peserta pada kegiatan ini dari UMPWR dihadiri oleh Pimpinan Universitas, Dekan Fakultas Pertanian, Dekan FKIP, Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Kepala Biro KUI, Kepala LP3AK, KaProdi Agribisnis, KaProdi Hukum, KaProdi Psikologi dan beberapa perwakilan dosen lainnya. Adapun pihak UMM yang hadir adalah Prof. Dr. Wahyudi, M.Si, selaku Wakil Direktur II Direktorat Program Pascasarjana UMM sekaligus menjadi pembicara dalam sosialisasi tersebut. 

Program 5000 doktor ini merupakan program dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang salah satu tujuannya adalah untuk menajukan dan mengembangkan PTMA. UMPWR dan UMM sepakat bekerja sama dalam bidang tridarma Perguruan Tinggi salah satunya adalah program doktor ini. Dr. Tusino, M.Pd.B.I selaku Wakil Rektor IV UMPWR mengatakan, “Dengan kerja sama ini semoga kedepan dosen-dosen UMPWR banyak yang akan studi lanjut di UMM.” Selain studi lajut, Dr. Tusino juga berharap dosen – dosen UMPWR juga bisa melaksanakan program-program lain di UMM seperti penelitian dan pengandian kepada masyarakat. “Ada banyak hal yang bisa dikerjakan bersama antara UMPWR dan UMM selain program 5000 doktor ini”., pungkasnya.

Penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama UMPWR dengan UMM

Rektor UMPWR, Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini sudah ada dosen UMPWR atas nama H. Iyus Herdiana Saputra, M.S.I yang kuliah doktor di UMM. “Salah satu poin kerja sama dengan UMM adalah dosen UMPWR dengan jabatan fungsional akademik Lektor Kepala akan menjadi penguji eksternal desertasi di UMM”, jelasnya.

Prof. Dr. Wahyudi, M.Si, selaku Wakil Direktur II Direktorat Program Pascasarjana UMM, setelah menjabarkan Visi Misi Program Pascasarjana UMM, beliau menjabarkan tentang sistem perkuliahan di UMM. “Program doktor UMM membuka pendaftaran sebanyak dua kali, yaitu pada semester gasal dan semester genap”, jelasnya. Perkuliahan dilaksanakan secara blended learning. Poin – poin kerja sama antara UMM dan UMPWR diantaranya dosen UMPWR bisa menjadi salah satu tim pengajar di UMM, menjadi salah satu co-promotor, dan menjadi penguji ujian terbuka Desertasi. Kuliah S3 di UMM sendiri dilaksanakan selama 6 semester. Program 5000 doktor Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah di UMM saat ini membuka 4 program studi, diantaranya adalah doktor Pendidikan Agama Islam, Doktor Pendidikan, Doktor Sosiologi, dan Doktor Ilmu Pertanian.