• Berita

Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo Mengadakan Kuliah Umum 2024

  • Berita

Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo Mengadakan Kuliah Umum 2024

blog-thumb

Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo Mengadakan Kuliah Umum 2024

  • Humas
  • 05 Februari 2024
  • Dibaca 51 Kali

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Hima PGSD) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum PGSD 2024 di lantai 3 Kampus III Sucen UMPWR pada Senin, 5 Februari 2024.

Kegiatan Kuliah Umum ini mengusung tema “Kesiapan Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Digitalisasi Pendidikan pada Kurikulum Merdeka”, yang bertujuan untuk memberikan informasi mahasiswa/i PGSD UMPWR tentang dunia profesi kependidikan di era merdeka belajar dan bagaimana menghadapi digitalisasi pendidikan pada kurikulum merdeka. Serta sebagai sumber ilmu selain ilmu yang didapat dibangku kuliah sehari-hari.

Kegiatan ini menghadirkan 2 pemateri dari eksternal kampus, yaitu Bapak Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, S.Pd., M.Pd., beliau merupakan dosen PGSD Universitas Sebelas Maret Kebumen dan Ibu Karminingsih, S.Pd.SD., beliau merupakan Juara IV Kepala Sekolah Inovatif SD N Mulyosri 1 Prembun.

Kuliah Umum ini dihadiri oleh 170 mahasiswa/i Pendidikan Guru Sekolah Dasar angkatan 2023  dan 1 mahasiswa angakatan 2021. Peserta Kuliah Umum sangat berantusias mengikuti kegiatan, ketika sesi tanya jawab mereka banyak memanfaatkan waktu untuk bertanya dan juga meresume setiap materi yang disampaikan oleh pemateri Kuliah Umum.

Suyoto sebagai penanggung jawab kegiatan ini menyampaikan bahwa Kuliah umum bertujuan untuk membekali mahasiswa calon guru sekolah dasar agar mampu memahami implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.


Dosen program studi PGSD turut menghadiri acara ini, Muflikhul Khaq, M.Pd., selaku Sekretaris Program Studi  dalam sambutannya menyampaikan, “Pentingnya digitalisasi pendidikan di era sekarang ini, dan perlunya kesiapan calon guru dalam menghadapi digitalisasi pendidikan di kurikulum merdeka, namun tidak hanya gurunya saja yang siap, sekolah juga harus turut menyediakan fasilitas digital” ujarnya.

Salah satu panitia Kuliah Umum Desy Larasati menyampaikan “Terimakasih pada  pihak Program Studi PGSD dan Kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo yang telah memfasilitasi kami untuk kesuksesan acara Kuliah Umum PGSD 2024.”, ujarnya. 

Selama acara berlangsung, dibuka dan diisi oleh penampilan-penampilan dari mahasiswa  PGSD yang memiliki bakat dibidangnya. Penampilan tersebut diantaranya tari ndolakak, dan penampilan puisi.