• Berita

Kosabangsa UM Purworejo dan Universitas Pasir Pengaraian Gelar Workshop Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sport Tourism

  • Berita

Kosabangsa UM Purworejo dan Universitas Pasir Pengaraian Gelar Workshop Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sport Tourism

blog-thumb

Kosabangsa UM Purworejo dan Universitas Pasir Pengaraian Gelar Workshop Pengembangan Desa Wisata Berbasis Sport Tourism

  • HUMAS
  • 19 November 2023
  • Dibaca 34 Kali

Program Kosabangsa, DRTPM Kemendikbudristek 2023 oleh Universitas Pasir Pengaraian (UPP) sebagai tim pelaksana dan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo) sebagai tim pendamping melakukan kegiatan workshop pengembangan desa wisata berbasis sport tourism di Rokan Hulu (Rohul).

Ketua Tim Pelaksana Kosabangsa Ridwan Sinurat M.Or menjelaskan, workshop yang dilakukan oleh UPP bersama UM Purworejo itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sebelumnya juga sudah dilaksanakan berupa kegiatan lainnya, seperti pemasangan panel Sel Surya di wisata Puncak Anabawa serta pembuatan spot foto yang menarik. Spot foto yang dibuat bersama-sama dengan mitra Pokdarwis Remsi Jaya yaitu gapura masuk “Welcome to Puncak Anabawa” dan spot sangkar burung yang masih dalam proses tahapan finishing. “Selain inovasi teknologi penerangan dengan pemanfaatan tenaga Matahari melalui sel Surya, tim kosabangsa UPP-UMP juga menerapkan tenaga Matahari sebagai sumber energi di perahu wisata Danau Cipogas, saat ini masih dalam proses perakitan,” ungkap Ridwan.

Ketua tim pendamping dari tim UM Purworejo Dr. Suyitno menyampaikan bahwa sel surya memberikan manfaat bagi lingkungan, penghematan biaya dan insentif keuangan, dan kemandirian energi agar tidak tergantung dari pihak eksternal. Dengan menggunakan energi surya dapat memeroleh keuntungan bahwa energi surya tidak terbatas, serta selsurya memiliki emisi karbon yang rendah sehingga tidak menyebabkan polusi udara.

Tim Pendamping Dr. Murry Harmawan juga menjelaskan terkait dengan strategi promosi Pemasaran Desa Sialang Jaya melibatkan pokdarwis dan masyarakat untuk membuat konten media sosial, menginisiasi dan mengintegrasi produk-produk UMKM dalam paket wisata atau promosi khusus, berpartisipasi dalam pameran wisata serta perlu melibatkan influencer lokal. Selain itu juga perlu sumber-sumber dana pengembangan dan promosi baik dari swadaya masyarat maupun pihak ekternal.

Selain itu Dr. Jeki Wibawanti selaku tim pendamping juga menambahkan terkait pengembangan desa wisata di Sialang Jaya juga sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dimana tidak hanya pokdarwis Remsi Jaya dan Karang taruna yang terlibat dalam pengembangan destinasi sport tourism ini, tetapi seluruh elemen masyarakat dengan mitra masyarakat lokal, mitra pihak pemerintah dan mitra eksternal seperti kampus UPP saling berkolaborasi, sehingga program yang diinisiasi oleh Kosabangsa ini akan terus berkelanjutan. Adanya even kegiatan juga akan semakin mempromosikan Pesona keindahan wisata Sialang Jaya, seperti yang telah direncanakan Kosabangsa Run pada Bulan Desember nanti dari Danau Cipogas menuju Puncak Anabawa.

Sementara itu Kepala Desa Sialang Jaya, Taufik Ahmadi mengucapkan terimakasih kepada Tim Kosabangsa UPP dan UM Purworejo yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk memajukan dan mengembangkan wilayah di Desa Sialang Jaya. “Ini tentunya suatu kehormatan dan kebanggaan kami di Desa Sialang Jaya. Semoga apa yang diprogramkan oleh Tim Kosabangsa UPP bersama UMP untuk masyarakat Desa Sialang Jaya hendaknya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.