• Berita

Penerimaan Mahasiswa Baru UM Purworejo Tahun Akademik 2024/2025 Resmi Dibuka

  • Berita

Penerimaan Mahasiswa Baru UM Purworejo Tahun Akademik 2024/2025 Resmi Dibuka

blog-thumb

Penerimaan Mahasiswa Baru UM Purworejo Tahun Akademik 2024/2025 Resmi Dibuka

  • Humas
  • 30 Oktober 2023
  • Dibaca 102 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Kick Off PMB 2024 pada Jumat (27/10/2023) di Ruang Seminar Kampus Timur UM Purworejo, yang sekaligus menandai dibukanya secara resmi Penerimaan Mahasiswa Baru UM Purworejo Tahun Akademik 2024/2025.  Acara dihadiri oleh Badan Pembina Harian (BPH), Rektor beserta Jajaran Wakil Rektor UM Purworejo, pemateri serta dosen dan tenaga kependidikan UM Purworejo.  

Acara diawali sambutan oleh bapak Drs. H. Pudjiono selaku BPH UM Purworejo yang menyampaikan bahwa UM Purworejo saat ini menginjak usia yang ke 59 tahun dan telah berhasil meraih berbagai capaian. Namun dirinya menegaskan kepada seluruh pegawai UM Purworejo agar apa yang telah dicapai tidak dibiarkan begitu saja dan terus meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi serta mendorong dan mendukung kebijakan kampus terutama kebijakan persyarikatan.

“Ketika bapak/ibu sudah ada di dalam, maka kami minta betul apa yang sudah menjadi kebijakan UM Purworejo terutama kebijakan persyarikatan, tolong untuk bisa didorong kemudian didukung. Kalau ada hal-hal yang tidak sesuai dengan nurani anda, sampaikan kepada Muhammadiyah jangan berbicara diluar karna tidak elok,” tegasnya.  

Rektor UM Purworejo, Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut menjelaskan, hingga saat ini UM Purworejo menerima 16 program studi. Adapun prodi yang baru dibuka yakni prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Selain membuka program regular, UM Purworejo juga membuka program RPL (Rekognisi Pembelajaran Lanjut), dan program Transfer. Selain itu, UM Purworejo juga membuka kelas karyawan mengingat animo masyarakat yang semakin meningkat, dan yang terbaru adalah program PPG (Pendidikan Profesi Guru).  

“Pada tahun ini jumlah maba UM Purworejo ketika PPKKMB kemarin ada 1066 mahasiswa dan terakhir kemarin bertambah menjadi 1110 mahasiswa baru. Alhamdulillah ada kenaikan dibanding tahun sebelumnya,” jelasnya.  

UM Purworejo juga telah mengembangkan unit-unit bisnis baru, diantaranya yang terbaru yakni bengkel di kampus 4 Loano. Sebagai wujud dukungan pada unit bisnis bengkel tersebut, para dosen dan tenaga kependidikan UM Purworejo diberikan voucher untuk service dan ganti oli gratis.

Selain itu, Rektor mengatakan bahwa pihaknya telah mengalokasikan dana untuk pengembangan  auditorium serta membuka unit-unit bisnis lain dibawah auditorium, serta unit usaha air minum dan pembangunan asrama di Loano.

“Mohon doanya bapak/ibu mudah-mudahan program-program yang telah direncanakan kedepan dapat terlaksana dengan baik,” ungkapnya.  

Dirinya juga menghimbau para dosen dan tendik UM Purworejo agar lebih peduli dengan lingkungan kampus diantara tidak merokok atau mengingatkan agar tidak merokok di area kampus, menggunakan fasilitas kampus seperti air dan listrik secara bijak serta meningkatkan kesadaran untuk solat berjamaah di masjid kampus.

Melalui tema “Sengkuyung Mbangun UMPurworejo” Rektor mengajak para pegawai UM Purworejo untuk turut menyukseskan PMB 2024.

“Kami akan memberikan reward kepada bapak/ibu jika bisa membawa mahasiswa masuk ke UM Purworejo terutama mahasiswa yang masuk jalur regular,” ungkapnya.

Selain jalur reguler, Rektor menyampaikan bahwa pendaftaran mahasiswa baru di UM Purworejo dapat dilakukan melalui jalur beasiswa, antara lain KIP-K (Usulan kampus dan masyarakat), Lazismu dan Persyarikatan (prioritas untuk kader muhammadiyah), dan Scholarship UMPwr (ditentukan jumlahnya, dibagi proporsional untuk mensupport prodi yang kekurangan mahasiswa).

Acara kemudian dilanjutkan tausiah dan motivasi oleh Ikhwanushoffa, Manajer Area Lazismu Wilayah Jawa Tengah yang menyampaikan materi dengan tema Reinkarnasi Penolong Kesengsaraan Oemoem.