• Berita

Milad Ke 59, Sejumlah Mahasiswa dan Dosen UM Purworejo Berprestasi Terima Penghargaan

  • Berita

Milad Ke 59, Sejumlah Mahasiswa dan Dosen UM Purworejo Berprestasi Terima Penghargaan

blog-thumb

Milad Ke 59, Sejumlah Mahasiswa dan Dosen UM Purworejo Berprestasi Terima Penghargaan

  • Humas
  • 26 September 2023
  • Dibaca 263 Kali

Kabar menggembirakan di Milad ke-59 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo) karena sejumlah mahasiswa dan dosen berprestasi mendapat penghargaan atas capaiannya dalam berbagai bidang dalam satu tahun terakhir.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Rektor UM Purworejo, Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo M.Pd, pada acara Rapat Senat Terbuka dalam rangka Milad ke-59 UM Purworejo di Ruang Seminar Kampus 3 Sucen, Bayan, Purworejo, Jawa Tengah, Senin (25/9/23).

Acara Rapat Senat Terbuka dihadiri antara lain Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Kepala LL Dikti Wilayah VI Bhimo Widyo Andoko, Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dr Muhammad Samsudin, jajaran PDM, pimpinan PTM, mitra kerja, ketua MKKS SMA, serta dosen dan mahasiswa.

Saat membacakan laporan tahunan, Rektor UM Purworejo mengaku bersyukur dan bangga atas sejumlah capaian yang diraih UM Purworejo dalam setahun terakhir. Tidak hanya penghargaan dalam berbagai kompetisi, melainkan juga penerimaan hibah dan capaian akreditasi unggul di 2 Prodi, yakni Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Ekonomi.

“Dengan pencapaian ini akan menjadi pondasi yang mengukuhkan posisi UM Purworejo sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas,” katanya.

Capaian lain yang patut disyukuri yakni terus meningkatkan penerimaan dana hibah dan beasiswa dari pemerintah. Pada bidang SDM, UM Purworejo pada tahun 2023 memiliki 127 dosen yang tersebar di 17 Prodi. Dari jumlah itu, 27 persen atau 35 orang di antaranya berkualifikasi S3 atau doktor dan masih ada 15 dosen yang lanjut studi S3. Selain itu, 95 dosen juga telah bersertifikat pendidik.

“Tahun ini guna peningkatan kinerja, bagi dosen dengan kualifikasi S3, akan kita berikan tunjangan khusus,” sebutnya.

Sedangkan Wakil Sekretaris Majelis Dikti Muhammad Samsudin dalam sambutannya berpesan agar UM Purworejo dapat meningkatkan kolaborasi, bukan lagi kompetisi.

“Karena kompetisi itu hasilnya adalah menang kalah, tapi kalau kolaborasi semuanya menang atau win win. Sekarang ini saatnya era kolaborasi bukan kompetisi,” ungkapnya.

Samsudin pun mencontohkan Majelis Diktilitbang melakukan kinerja kolaborasi antara lain dengan negara Thailand dan Malaysia. Ia menyarankan agar UM Purworejo Ikut Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) nasional agar lulusannya lebih berkualitas.

Senada dengan Samsudin, Kepala LL Dikti wilayah VI Bhimo Widyo Andoko pun menyinggung terkait peningkatan kualitas. Selain mengucapkan selamat milad, Bhimo juga menyampaikan bahwa pihaknya ingin membantu mahasiswa yang kurang mampu namun nilai akreditasi prodinya haruslah tinggi, yakni unggul atau baik.

“Ini supaya mereka dapat tertampung saat mencari kerja termasuk untuk jadi ASN,” katanya. Bhimo juga mengapresiasi UM Purworejo yang jumlah mahasiswanya meningkat di saat banyak perguruan tinggi yang mengalami penurunan.

Sebagai pemateri orasi ilmiah disampaikan oleh Wakil Ketua PWM Suparman Syukur yang antara lain mendorong UM Purworejo untuk membangun aula yang lebih besar lagi. “Ini menjadi tugas rektor yang baru,” katanya disambut tepuk tangan hadirin.

Adapun Wakil Bupati Yuli Hastuti dalam pidatonya mengungkapkan harapannya agar masyarakat senantiasa mendukung kelangsungan pendidikan sesuai kemampuan dan posisi masing-masing.

“Termasuk para akademisi dan intelektual sebagai bagian dari komponen masyarakat, untuk memberikan kontribusi pemikiran maupun solusi karena sampai detik ini bangsa kita masih dihadapkan dengan berbagai persoalan,” ucapnya.

Ditambahkannya bahwa di masa mendatang, UM Purworejo diharapkan bisa lebih meningkatkan perannya dengan menjadi perguruan tinggi yang mampu melahirkan alumni yang menguasai pendidikan duniawi dan ukhrowi. Serta pada gilirannya akan turut memberikan kontribusi yang signifikan bagi daerahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Milad ke-59, Istiko Agus Wicaksono, S.P., M.Sc., menjelaskan pada Milad ke-59 beragam kegiatan telah diadakan dalam beberapa bulan terakhir. Rapat Senat Terbuka juga dirangkai dengan Launching Aplikasi Toefl Lembaga Bahasa serta Radio Surya UM Purworejo.

“Banyak rangkaian kegiatan dalam rangka milad ke-59 UM Purworejo ini, mulai dari yang bertaraf lokal, regional, nasional, hingga internasional,” jelasnya.

Untuk kegiatan berskala internasional, ada Internasional on English Teaching Linguistik and Literature 2023 (ICETell). Pada kegiatan berskala nasional ada Workshop Manejemen Sumberdaya Manusia dan Kepariwisataan, Kompetisi Tenis Meja tingkat SMA/sederajat serta Lomba desain rumah 3D tingkat SMA/sederajat.

“Untuk memeriahkan milad kita adakan bazar dan baksos, festival kuliner, serta penyerahan sertifikat halal UMKM. Tahun ini meriah karena banyak kegiatan,” pungkasnya.

Adapun nama-nama mahasiswa penerima penghargaan yakni Alam Puji Weliang (Prodi PBI), Arman Zufar Hafidh (Prodi PBSI), Dicky Dewa Kurniawan (Prodi Psikologi), Tsalaatsa ‘Ashri Harsandi (Prodi PBSI), dan Rosyid Nazarudi (Prodi PBSI).

Mereka semua tergabung dalam kelompok musik Kaluna yang berhasil menyabet Juara 1 Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional di Univ Tidar pada 31 Mei 2023 dan Juara 2 Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Seni dan Olahraga (Komnas Senior) tahun 2023 yang digelar oleh Biro Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Ahmad Dahlan.

Selain itu ada 5 mahasiswa lain yang mendapat penghargaan yakni Rizqi Eka Saputra (Prodi Psikologi) sebagai Juara 2 International Virtual Student Idea Pitching Competition 2023, Nesi Anjani (Prodi Pendidikan Ekonomi) Juara Favorit International Virtual Pitching Competition (IVPC) 2023, Fanny Riyyan Pradana (TI) Juara Favorit International Virtual Student Idea Pitching Competition 2023, Eko Prasetiyo (Agribisnis) peraih Medali Perunggu International Virtual Students` Business Idea and Product Innovation, dan Faizal Fachrurozi (PBI) Juara 4 IVPC 2023.

Sedangkan para dosen berprestasi yang menerima penghargaan adalah Susi Widjajani SE MSi (Dosen Pembimbing Prestasi Mahasiswa Terproduktif), Dr Suyitno MPd (Dosen dengan Konsistensi Pencapaian Tridharma), dan Dwi Jatmoko MPd, Ketua Prodi Pendidikan Teknik Otomotif sebagai Prodi Terproduktif dalam Mendapatkan Hibah dari Kemendikbudristek.