• Berita

Peduli Literasi, IMM UM Purworejo Inisiasi “Oemah Cendekia”

  • Berita

Peduli Literasi, IMM UM Purworejo Inisiasi “Oemah Cendekia”

blog-thumb

Peduli Literasi, IMM UM Purworejo Inisiasi “Oemah Cendekia”

  • Humas
  • 3 September 2020
  • Dibaca 640 Kali

Ikatan Mahasiswa Muhamamdiyah (IMM) Universitas Muhammadiyah Purworejo menginisiasi berdirinya “Oemah Cendekia” di Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo. Elvani, selaku Ketua IMM mengatakan bahwa “Oemah Cendekia” merupakan ruang baca yang terbentuk atas dasar wujud kepedulian mahasiswa terhadap rendahnya kultur membaca di masyarakat.

Oemah Cendekia ini bertempat di rumah Annisa yang notabene mahasiswi UM Purworejo dan juga kader IMM. “Saya senang ketempatan Oemah Cendekia, rame dan bahagia bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucap mahasiswi prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini.

Launching “Oemah Cendekia” yang digelar pada Jumat (7/8) ini dihadiri oleh 15 anak di wilayah RT 3 RW 1 kelurahan Kedungsari dengan didampingi orang tuanya masing-masing. Meskipun masih malu-malu, anak-anak tampak menikmati acara di “Oemah Cendekia” bersama kakak-kakak mahasiswa.

Salsa, siswa kelas 4 SDN Kedungsari merasa senang dengan adanya “Oemah Cendekia”. “Saya bisa main dan belajar bersama di rumah mbak Nisa, teman-teman saya juga senang kok,” ungkapnya. Sementara Amalia selaku orang tua salah satu anak yang ikut program “Oemah Cendekia” merasa terbantu karena waktu luang anaknya bisa diisi dengan kegiatan positif. “Alhamdulillah, anak saya jadi punya kegiatan positif, daripada main. Insyaallah nanti banyak ini, anak-anak sini belum kumpul semua,” ungkapnya.

Diharapkan dengan hadirnya “Oemah Cendekia” ini, peran riil mahasiswa selaku agent of change lebih bisa ditingkatkan. Membuat masyarakat sadar literasi dan memiliki budaya membaca adalah pekerjaan hebat yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.