• Berita

UM Purworejo Gelar FGD, Perkuat Kapabilitas Tata Kelola MBKM

  • Berita

UM Purworejo Gelar FGD, Perkuat Kapabilitas Tata Kelola MBKM

blog-thumb

UM Purworejo Gelar FGD, Perkuat Kapabilitas Tata Kelola MBKM

  • Humas
  • 04 Agustus 2023
  • Dibaca 254 Kali

Guna menggali peraturan tata kelola pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sudah berjalan di setiap program studi, Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Panduan Operasional Tata kelola MBKM pada Kamis - Jumat, 3 - 4 Agustus 2023.

Bertempat di IBIS HOTEL Yogyakarta, kegiatan FGD ini diikuti oleh Rektor dan Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dekan Fakultas, Ketua program studi dan sekretaris program studi, lembaga terkait antara lain LPM, BAA, PPTIK, UP2, Biro Keuangan, dan mitra kerja sama sebanyak 6 (enam) mitra. Adapun narasumber yang dihadirkan antara lain Prof. Dr. Wagiran, S.Pd., M.Pd. Universitas Negeri Yogyakarta dan Dr. Ishafit, M.Si.  dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan dokumen analisis kebutuhan tata kelola Implementasi MBKM terkait 12 aspek yang ada pada indikator kinerja, pada BKP MBKM pertukaran pelajar, asistensi mengajar, magang dan kewirausahaan.

Kegiatan meliputi diskusi terbuka dengan membentuk kelompok diskusi sesuai dengan program studi. Kelompok diskusi terdiri dari satu program studi (ketua program studi dan sekretaris program studi) ditambah perwakilan mitra kerjasama yang mendukung implementasi BKP MBKM.
Mitra yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 6 mitra, yakni Irfan Noor Riza, SE, MM (Kepala Bursa Efek Indonesia Yogyakarta), Dr. Syarifuddin, M.Hum (Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah), Dra. Dwi Pratiwi, M.Pd. (Balai Bahasa DIY), Dr. Nikmah Nurbaiti, M.Pd. (Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 8 Jawa Tengah), Ir. Agus Baru Hartono,M.M ( Asisten Direktur PT Perkebunan Tambi Wonosobo), dan Hadi Sadsila, S.P., M.M. (Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Purworejo).
Kemudian dilanjutkan dengan penyusunan draft Dokumen Analisis Kebutuhan tatakelola MBKM oleh tim ISS serta pemaparan hasil dan presentasi draft panduan.