• Berita

TEC UMY Gelar Seminar Online di UM Purworejo

  • Berita

TEC UMY Gelar Seminar Online di UM Purworejo

blog-thumb

TEC UMY Gelar Seminar Online di UM Purworejo

  • Humas
  • 15 Agustus 2020
  • Dibaca 999 Kali

Rabu (12/8/2020) telah digelar Seminar Online “Study in Taiwan and Obtain Scholarship” yang diselenggarakan oleh Taiwan Education Center (TEC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Purworejo. Acara digelar melalui Zoom Cloud Meeting dan dihadiri oleh Wakil Rektor IV Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dan Kerjasama, Tri Ermayani, M.Ag. dan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Tusino, M.Pd.B.I. serta diikuti sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo.  

Taiwan Education Center (TEC) merupakan sebuah lembaga yang didirikan oleh Ministry of Education (MOE) Taiwan yang memiliki visi untuk memperkuat kerjasama akademik antara Taiwan dan Indonesia. Adapun Online Seminar tersebut diadakan untuk memperkenalkan sistem pendidikan tinggi di Taiwan serta berbagai jenis beasiswa yang ditawarkan kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi serta para Dosen Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Tri Ermayani, M.Ag. dalam pembukaannya menyambut baik acara ini sekaligus mengucapkan terima kasih kepada TEC UMY yang telah menyelenggarakan seminar online tersebut. Dirinya mengatakan bahwa UM Purworejo telah mengirimkan beberapa mahasiswa mengikuti program-program keluar negeri, namun hanya mahasiswa dari prodi PBI yang ikut. Dirinya berharap dengan adanya seminar online ini dapat memotivasi mahasiswa maupun dosen dari prodi-prodi lain untuk studi ke luar negeri. “Kami ucapkan terima kasih kepada TEC selaku penyelenggara, semoga acara berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua,” ucapnya. 

Andi Rizal Ramadhan, selaku narasumber yang juga Manajer TEC UMY pada kesempatan tersebut berbagi informasi mulai dari sistem pendidikan, beasiswa yang ditawarkan hingga kehidupan di Taiwan. Menurutnya, ada banyak keuntungan yang akan didapat mahasiswa selama menempuh pendidikan di sana.“Selain kualitas akademik yang bagus, kita juga berkesempatan mempelajari beragam budaya dan bahasa, terutama bahasa mandarin. Kesempatan berkarir setelah lulus juga lebih baik. Istimewanya lagi biaya hidup di Taiwan terjangkau dan pemerintah Taiwan banyak menyediakan beragam beasiswa,” jelasnya.

Selain berbagi informasi terkait studi dan beasiswa di Taiwan, Andi Rizal juga memberi tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Taiwan. Acara kemudian diakhiri sesi tanya jawab dengan peserta.