• Berita

Prodi PTO Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Skill Contest Bagi SMK Se-Karesidenan Kedu

  • Berita

Prodi PTO Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Skill Contest Bagi SMK Se-Karesidenan Kedu

blog-thumb

Prodi PTO Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Skill Contest Bagi SMK Se-Karesidenan Kedu

  • Humas
  • 19 Juni 2023
  • Dibaca 298 Kali

Prodi PTO Universitas Muhammadiyah Purworejo Gelar Skill Contest Bagi SMK

Se-Karesidenan Kedu

Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan kualitas  siswa dan siswi SMK khususnya untuk jurusan teknik otomotif, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotiv (Himato) Universitas Muhammdiyah Purworejo menyelenggarakan lomba yang diberi tema “Automotive Educative Zone 2023 (AEZ)”. Kegiatan ini digelar secara rutin setahun sekali sebagai bagian dari Program Kerja Himpunan Mahasiswa Otomotive. Dalam kegiatan yang digelar tahunan ini, Himato menyelenggarkan tiga kegiatan yang dilaksanakan, yakni Skill Contest, Servis Murah dan Motor Contest. Kegiatan AEZ dan pembukaan Skill Contes ini dilaksanakan dan dibuka pada Hari Kamis, 15 Juni 2023 di ruang seminar Kampus Timur Universitas Muhammadiyah Purworejo, yang diikuti oleh 16 peserta daro 12 SMK Se Karesidenan Kedu.

Dalam event ini Aziz Wijaya Kusuma selaku Ketua Panitia yang juga sebagai ketua Himato, mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi dari SMK yang hadir Se Karesidenan Kedu ini, ucapan ini disampaikan oleh Aziz pada saat pembukaan event ini. Aziz pun berharap dengan dilaksanakannya event ini yakni Skill Contest dapat mengembangkan motivasi dan keterampilan teknik otomotif, sehingga menjadi tempat untuk bisa mengevaluasi di bidang praktikum otomotif.

Dalam pembukaan event ini dihadiri pula oleh Kaprodi PTO yakni Dwi Jatmoko, M.Pd., dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih kepada Himato yang telah bekerja keras untuk melaksanakan tiga acara dalam AEZ, yakni Skill Contest, Servis Murah dan Motor Contest. Menurut Kaprodi PTO ini Skill Contest yang diikuti oleh 16 peserta ini merupakan upaya untuk menumbuhkan motivasi siswa, sehingga menjadi sebuah kompetisi yang bisa membangun.

Selain Kaprodi PTO, dalam event ini di hadiri pula oleh Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Puworejo, yakni Dr. Yuli Widiyono, M.Pd. pada kesempatan ini beliau berharap peserta yang mengikuti Skill Contest ini bisa mendapatkan wawasan dan pengalaman dalam belajar sehingga untuk kedepannya siswa selesai mengikuti Skill Contest ini bisa melanjutkan belajarnya dengan rajin di sekolah masing-masing.

Dalam Skill Contest ini terdapat ujian teori dan praktikum yang harus dikerjakan oleh peserta lomba dalam waktu 60 menit dengan jumlah soal sebanyak 60 keping soal. Dalam lomba Skill Contest ini SMK Negeri 1 Kepil Wonosobo mendapatkan juara 1, SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo mendapatkan juara 2, dan Juara 3 diraih oleh SMK Muhammadiyah Kutowinangun. Adapun juara favorit diraih oleh SMK Ma,arif 2 Gombong mendapatkan juara favorit 1, Favorit 2 diraih oleh SMK Muhammadiyah Pertanahan, dan Favorit 3 diraih oleh SMK Muhammadiyah 1 Muntilan.