• Berita

UM Purworejo Gelar ICEA, Bahas Pentingnya Green Economy

  • Berita

UM Purworejo Gelar ICEA, Bahas Pentingnya Green Economy

blog-thumb

UM Purworejo Gelar ICEA, Bahas Pentingnya Green Economy

  • Humas
  • 12 Juni 2023
  • Dibaca 289 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar International Colloquium on Economics and Agriculture (ICEA) 2023 pada Sabtu (10/6). Mengusung tema “Green Economy for Global Sustainability”, acara diikuti 422 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen, guru, serta praktisi pendidikan dari dalam maupun luar negeri.  

Ketua Panitia ICEA 2023, Dr. Tusino, M.Pd.B.I. mengatakan bahwa colloquium ini digelar secara daring melalui aplikasi zoom meeting dan menghadirkan pembicara dari 3 negara, yakni Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

“Acara ini merupakan bentuk implementasi kerjasama antara UM Purworejo dengan Camarines Sur Polytechnic Colleges (CSPC) Filipina, University of Saint Anthony (USANT) Filipina, dan Universiti Teknologi MARA Pahang (UiTM) Malaysia. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran peserta akan pentingnya ekonomi hijau untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan” jelasnya.  

Hadir dalam acara tersebut Rektor UM Purworejo, Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd., Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Tri Ermayani, M.Ag., Dekan Fakultas Pertanian Dr. Roisu Eny Mudawaroch, M.Si., Kaprodi Agribisnis Istiko Agus Wicaksono, M.Sc., Kaprodi Peternakan Rina Widiastuti, S.Pt., M.Si, Kepala UPT Kerjasama Dr. Tusino, M.Pd.B.I. dan Kepala Lembaga Bahasa Dr. Puspa Dewi, M.Pd.

Assoc. Prof. Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. dalam sambutannya menyebut bahwa ekonomi hijau sangat penting untuk mengurangi emisi karbon dan polusi, meningkatkan efisiensi energi dan sumber daya, serta mencegah hilangnya keanekaragaman hayati dan jasa ekosistem sehingga institusi pendidikan tinggi memiliki peran penting untuk menyukseskan program ekonomi hijau.

Dirinya berharap dengan diselenggarakannya acara ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mempererat kemitraan dan kerjasama dengan perguruan tinggi mitra.

“Kami menyambut mitra dari luar negeri untuk berkolaborasi dalam berbagai program seperti mobilitas mahasiswa maupun staf, penelitian dan publikasi bersama, serta seminar atau konferensi bersama,” pungkasnya.

Adapun pembicara ICEA ini yakni Dr. Mohd. Iqbal Mohd Noor (UiTM), Dr. Jane Villar Benigay (USANT), Roque B. Cruz II, MBA (CSPC), Rizky Utami, S.E., M.Acc.Fin. (UNHAS), serta dua pembicara dari UM Purworejo yakni Dr. Jeki M. W. Wibawanti, M.Eng., M.Si. dan Isna Windani, M.Sc. Para pembicara berbagi pengetahuan serta pengalaman mengenai ekonomi hijau dan perkembangannya di daerahnya masing-masing.

Para peserta tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan pembicara. Tidak sedikit diantaranya mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi dan tanya jawab. Acara diakhiri dengan penyerahan e-sertifikat sebagai bentuk apresiasi kepada para pembicara.