• Berita

Jadi Tuan Rumah Bootcamp Studentpreneur, UM Purworejo Sambut Puluhan Mahasiswa dari PTMA Se-Indonesia

  • Berita

Jadi Tuan Rumah Bootcamp Studentpreneur, UM Purworejo Sambut Puluhan Mahasiswa dari PTMA Se-Indonesia

blog-thumb

Jadi Tuan Rumah Bootcamp Studentpreneur, UM Purworejo Sambut Puluhan Mahasiswa dari PTMA Se-Indonesia

  • Humas
  • 29 Mei 2023
  • Dibaca 465 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo menjadi tuan rumah kegiatan Bootcamp Studentpreneur yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator yang di kalangan mahasiswa disingkat MCEBI. Rektor UM Purworejo, Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. turut menyambut kedatangan para peserta dari 25 PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) di seluruh Indonesia. Kegiatan Bootcamp digelar di Menoreh Glamping Kulonprogo Yogyakarta pada 26 dan 27 Mei 2023. Tema kegiatan ini "Ecopreneur mendukung Pariwisata hijau" dimaksudkan agar studentpreneur sebagai bagian dari insan akademis, yang memahami konsep green dan blue economy, menjadi entrepreneur paling depan dalam melakukan kegiatan produksi dan pemasaran serta berbagai inovasi dan kreasi kegiatan ekonomi dengan tetap memperhatikan kesimbangan alam dan keamanan seluruh makhluk hidup di bumi. Mereka didampingi tidak hanya dalam branding dan packaging, tetapi juga dalam mempromosikan produk dan jasanya sekaligus menjadi ajang kampanye sebagai ecopreneur.

Pemilihan lokasi bootcamp di area wisata Menoreh Glamping menurut ketua MCEBI Endang Rudiatin, merupakan kelanjutan dari interaksi MCEBI bersama Menparekraf Sandi Uno dalam beberapa kali Klinik Bisnis. Para peserta Studentpreneur Bootcamp didorong memasuki industri pariwisata yang ke depan memiliki prospek yang bagus bagi ecopreneur. Banyak lokasi di negara Indonesia ini yg memiliki alam yang indah menjadi aset tidak hanya pariwisata tetapi juga jaringan yang terlibat dalam industri pariwisata termasuk para studentpreneur.

Kegiatan bootcamp ini akan menjadi kegiatan tahunan bahkan  dua tahunan, untuk menghasilkan entrepreneur yang handal  dan tetap beretika, sesuai misi MCEBI.

Kegiatan ini dibuka oleh ketua PP Muhammadiyah Agung Danarto yang menyatakan bahwa Muhammadiyah sangat mendukung kegiatan MCEBI dan berharap PTMA  yang belum bergabung dapat segera bergabung. “Berwirausaha itu meningkatkan kesejahteraan diri sehingga dapat membantu sesama,” ungkapnya. Acara ini dihadiri juga oleh nara sumber dari pemerintah Asisten Deputi Pengembangan Teknologi Informasi dan Inkubasi Usaha Jemenkop dan UKM, yakni Ibu Christina Agustin, A.Pi., M.M. Asdep Kemenkop, Kepala Dinas Perindustrian Jawa Tengah yang mewakili dirjen IKMA  Kemenprin RI, Reni Yanita. Hadir juga sebagai nara sumber pengusaha sukses Muhammadiyah  Bambang Riyanto founder Pringsewu resto.

Christina Agustin menyambut baik Bootcamp yang diikuti 55 peserta dari 25 PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah) dari seluruh Indonesia. Beliau berharap dapat menjalin kemitraan dengan MCEBI dalam mengembangkan inkubasi di kampus. Acara didukung oleh Badan Otorita Borobudur,   sebagaimana dikatakan plt direktur Utama nya Agustin Peranginangin bahwa kerjasama bersama MCEBI ini diharapkan  menjadi promosi bagi pariwisata khususnya daerah Joglosemar.

Dari acara bootcamp untuk para studentpreneur MCEBI di Menoreh Glamping, kegiatan dilanjutkan dengan Temu Investor di hotel Grand Dafam SIA 28 Mei 2023. Acara ini dihadiri juga oleh Deputi Digital dan Produksi Kreatif Kemenparekraf, Niel Hilman sebagai keynote speaker, wakil ketua MLH PP Muhammadiyah Gatot Supangkat, serta para pengusaha muda yang memberikan banyak inspirasi, Antonius Bong founder Bobobox dan Achdiyat Nurhartata creative manager dari Lazada. Niel Hilman sangat mengapresiasi kegiatan temu investor ini, ia berharap dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan, para generasi muda juga antusias dalam menggerakkan industri pariwisata.

Sehari sebelumnya para juri yang ditetapkan panitia MCEBI, telah memilih peringkat 20 besar dari para studentpreneur, diantaranya dari mahasiswa UM Purworejo atas nama Qolbiana Zahra Adeputri (Prodi Manajemen) dengan produk Fashion BYZAHRA. Kemudian menyeleksi lagi 10 terbaik untuk bertemu dengan para investor. Investor kali ini Heri Zudianto, Ismoyo S. Soemarlan, Komang Johny dan Adi Nugroho. Pada akhirnya investor memilih 5 orang studentpteneur untuk mendapatkan pendanaan. Kelima studentpreneur tersebut yakni Chocoblast, Atikah (UMJ), Steviana Tea, Putri Jasmine, (UM Bandung), Kurayu , Priska (ITBM Bali), Kristoven Cokorodang , Nita Suryanti, (UM Ponorogo) dan Journey Shoes and Care, Hairul Gunawan (UM Jember).

Rektor UM Purworejo, Dr. Teguh Wibowo, M.Pd. berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa UM Purworejo dalam berwirausaha sehingga dapat menjadi entrepreneur muda yang handal dan sukses.