• Berita

Tiga Dosen FKIP UM Purworejo Raih Gelar Doktor

  • Berita

Tiga Dosen FKIP UM Purworejo Raih Gelar Doktor

blog-thumb

Tiga Dosen FKIP UM Purworejo Raih Gelar Doktor

  • Humas
  • 10 Agustus 2020
  • Dibaca 1263 Kali

Salah satu wujud dari peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Muhammadiyah Purworejo adalah bertambahnya jumlah dosen yang memiliki gelar akademik tertinggi yaitu Strata-3 atau Doktor. Ditengah pandemi Covid-19 yang belum mereda, tiga orang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UM Purworejo telah berhasil menyelesaikan pendidikan Doktor dan dinyatakan lulus dalam bidang ilmunya masing-masing. 

Gelar Doktor pertama diraih oleh Dr. Aryanto Aris, M.Hum yang telah menyelesaikan program Doktor dalam bidang Kajian Budaya Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dirinya berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Logika Spiritual dalam Teks Darmasonya” di hadapan para penguji pada ujian terbuka yang digelar secara daring melalui zoom cloud meeting. Dr. Aryanto Aris, M.Hum yang merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (PBSJ) dinyatakan lulus dan meraih gelar Doktor pada tanggal 18 Mei 2020.

Dosen lain yang berhasil menyesaikan studi S3 adalah Dr. Umi Faizah, M.Pd. yang merupakan salah satu dosen program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dr. Umi telah berhasil  menyelesaikan Program Doktor bidang ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan judul disertasi “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Beretorika Dakwah” dan dinyatakan lulus pada tanggal 15 Juni 2020.

Sedangkan Doktor terbaru UM Purworejo adalah Dr. Riawan Yudi Purwoko, M.Pd. yang merupakan Doktor bidang Ilmu Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta. Pada ujian terbuka yang dilaksanakan tanggal 30 Juli 2020 secara daring melalui zoom cloud meeting, dirinya berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge di hadapan penguji dan dinyatakan lulus pada hari tersebut. Selain sebagai dosen prodi Pendidikan Matematika, Dr. Riawan saat ini juga menjabat sebagai Kaprodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. 

Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. menyampaikan ucapan selamat kepada ketiga doktor baru tersebut. Dirinya berharap dengan bertambahnya jumlah Doktor di UM Purworejo dapat membantu meningkatkan kualitas kampus. “Alhamdulillah di UM Purworejo saat ini sudah ada 19 dosen yang bergelar doktor. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan dosen-dosen yang belum bergelar doktor kita dorong dan dukung agar melanjutkan studinya lebih tinggi”, ungkapnya.