• Berita

UM Purworejo Gelar Workshop Penulisan Proposal dan Strategi Meraih Hibah Dikti 2023

  • Berita

UM Purworejo Gelar Workshop Penulisan Proposal dan Strategi Meraih Hibah Dikti 2023

blog-thumb

UM Purworejo Gelar Workshop Penulisan Proposal dan Strategi Meraih Hibah Dikti 2023

  • Humas
  • 30 Maret 2023
  • Dibaca 570 Kali

Berkenaan dibukanya penerimaan proposal penelitian dan pengabdian masyarakat untuk pendanaan tahun 2023, Kemendikbudristek. Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag selaku Rektor menyampaikan bahwa sangat memberikan dukungan kepada para dosen untuk mengusulkan proposal baik penelitian maupun pengabdian untuk meraih dana DRTPM Dikti. Oleh karena itu, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Workshop Penulisan Proposal dan Strategi Meraih Hibah Dikti 2023 dengan narasumber Prof. Dr. Parmin, M.Pd. yang merupakan tim Pakar Kemendikbudristek sekaligus Chief Editor Jurnal Terindeks Scopus dan Dr. Sriyono, M.Pd. selaku Kepala LPPM UMPurworejo yang di pandu moderator oleh Dr. Jeki Wibawanti, M.Eng., M.Si.

Workshop yang digelar pada Rabu (29/3) di Ruang Rapat Utama UM Purworejo dimulai dengan sinkronisasi google scholar atau google cendekia oleh Dr Sriyono, M.Pd dan Dr. Aris Aryanto, M.Pd. Sinkronisasi juga dilakukan pada portal Garuda, sehingga data yang telah disinkronisasi dapat meningkatkan skor sinta, sehingga Dosen UMPurworejo banyak yang eligible untuk pengusulan proposal.

Paparan selanjutnya terkait dengan strategi dalam menyusun proposal yang berkualitas. Prof. Dr. Parmin, M.Pd. menyampaikan bahwa setiap dosen perlu membangun komitmen peneliti dengan membuat proposal beorientasi pada Novelty. Hal ini dilakukan dengan membuat topik penelitian yang masih langka, dengan judul yang menarik, membuat Gap analisis yang kuat, penelitian dengan metode yang memiliki kebaharuan, dan 90% daftar pustaka berdasarkan jurnal internasional bereputasi.