• Berita

Ratusan Mahasiswa UM Purworejo Ikuti Semnas, Bahas Bisnis di Era Society 5.0

  • Berita

Ratusan Mahasiswa UM Purworejo Ikuti Semnas, Bahas Bisnis di Era Society 5.0

blog-thumb

Ratusan Mahasiswa UM Purworejo Ikuti Semnas, Bahas Bisnis di Era Society 5.0

  • Humas
  • 21 Maret 2023
  • Dibaca 358 Kali

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Manajemen UM Purworejo menyelenggarakan Seminar Nasional pada Senin (20/3) di Ruang Seminar Kampus Sucen UM Purworejo. Seminar dengan tema "Era Society 5.0 : Peluang dan Tantangan Bisnis, Kesiapan SDM, dan Strategi Bisnis" menghadirkan 3 narasumber yakni Dr. Murry Harmawan Saputra, S.E., M.Sc. dan Susi Widjajani, S.E., M.Si., dosen Prodi Manajemen UM Purworejo serta Rifki Ali Hamidi Pengusaha asal Yogyakarta yang merupakan Founder Kertabumi, Canalclub dan SODA.

Seminar yang diikuti sekitar 214 mahasiswa prodi Manajemen UM Purworejo ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai era Society 5.0, mengembangkan pengetahuan mengenai peluang, tantangan, dan strategi bisnis, serta meningkatkan kesiapan sumber daya manusia di era Society 5.0. Selain itu, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Dwi Irawati, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar ini sebagai upaya untuk menguatkan program kampus mengajar.

Dr. Murry Harmawan Saputra, S.E., M.Sc. pada kesempatan itu menyampaikan bagaimana peluang dan tantangan bisnis di era Society 5.0. Dirinya menyebut bahwa peluang bisnis di era society 5.0 ini semakin banyak karena generasi saat ini banyak cara untuk mengakses dan memanfaatkan media sosial, diantaranya menjadi selebgram, konten kreator, dan berbagai bisnis online lainnya.

"Tantangannya itu kita harus melek teknologi. Selain itu juga memiliki kemampuan beradaptasi, kemampuan berinovasi dengan cara-cara baru, serta keterbukaan untuk berjejaring/berpartisipasi dengan semua pihak", jelasnya.

Pemateri kedua, Susi Widjajani, S.E., M.Si. menambahkan bahwa pada era ini banyak bisnis baru yang bermunculan, sehingga perlu untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia antara lain kemampuan kepemimpinan, kemampuan berbahasa, IT literasi, kemampuan menulis, kemampuan problem solving, berpikir kritis dan kreatif, serta memiliki learning agility.

Sementara itu, Rifki Ali Hamidi mengatakan bahwa berbisnis itu harus siap berkompetisi. “Untuk memulai bisnis sebaiknya dilakukan dengan cara yang berbeda dari bisnis yang lain. Bisnis juga harus mempunyai target pasar dan orientasi pada profit. Kemudian juga tidak kalah penting untuk melihat pada berbagai bisnis yang berkembang dan belajar cara suksesnya,” tuturnya.