• Berita

Kunjungi UM Purworejo, Menko PMK Prof Muhajir Lakukan Pembinaan Pejabat Struktural

  • Berita

Kunjungi UM Purworejo, Menko PMK Prof Muhajir Lakukan Pembinaan Pejabat Struktural

blog-thumb

Kunjungi UM Purworejo, Menko PMK Prof Muhajir Lakukan Pembinaan Pejabat Struktural

  • Humas
  • 16 Februari 2023
  • Dibaca 332 Kali

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof Dr Muhajir Effendy melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiah Purworejo, Ahad (12/2). Kunjungan tersebut dalam rangka pembinaan pejabat struktural UM Purworejo menuju Entrepreneur Islamic University.

Di Kampus UM Purworejo, Prof Muhajir diterima oleh Rektor Dr Rofiq Nurhadi, M.Ag, Ketua PDM Drs H Pujiono, serta jajaran BPH, di Ruang Rapat Utama.

Di depan Rektor UM Purworejo Dr Rofiq Nurhadi dan jajaran, Menko Muhajir memberikan wejangan-wejangan terutama dalam hal pengembangan kampus. Menurutnya universitas harus mengembangkan segala macam sumber daya yang ada terutama dalam bidang entrepreneur.

“Jadi kampus sudah tidak lagi mengandalkan study body atau mahasiswa sebagai pemasukan utama. Melainkan harus mampu mengadakan bisnis-bisnis baru yang tidak hanya berorientasi pada uang semata, namun bisnis itu dapat dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat," ungkapnya.

Muhajir meminta UM Purworejo untuk berkoordinasi dengan daerah untuk menjaga aset siswa-siswa Purworejo yang pintar supaya tidak keluar daerah. Selain itu juga berkoordinasi mengadakan beasiswa untuk kuliah di UMP, serta membuat banyak bisnis supaya masyarakat Purworejo tidak belanja barang di luar daerah.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UM Purworejo, Prof Dr Siska Desy Fatmayanti menyampaikan alasan tentang visi Entrepreneur Islamic University. Yakni salah satunya adalah banyaknya produk kewirausahaan dari mahasiswa dan dosen yang belum terwadahi.

“Untuk itu di dua tahun terakhir ini, UM Purworejo membuat unit inkubator bisnis untuk mewadahi bisnis-bisnis yang ada di kampus. Dan ternyata mendapat respon yang luar biasa dari masyarakat. Tidak hanya di Purworejo tetapi sampai Jawa Tengah hingga menjadi pionir didalam universitas memiliki inkubator,” ungkapnya.

Pihaknya juga mendampingi UMKM di Purworejo dan beberapa Kabupaten lain untuk pengembangan star up-star up bisnis dan menurutnya adalah langkah awal yang dilakukan.

“Di Loano sedang dibangun Islamic Center dan asrama mahasiswa yang merupakan gedung keempat UM Purworejo. nantinya di sana juga direncanakan menjadi pusat bisnis,” pungkasnya.