• Berita

Mahasiswa KKN UMPurworejo Gelar Workshop Pengembangan UMKM di Bedono Kluwung

  • Berita

Mahasiswa KKN UMPurworejo Gelar Workshop Pengembangan UMKM di Bedono Kluwung

blog-thumb

Mahasiswa KKN UMPurworejo Gelar Workshop Pengembangan UMKM di Bedono Kluwung

  • Humas
  • 27 Januari 2023
  • Dibaca 482 Kali

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPurworejo) yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bedono Kluwung, Kemiri, menggelar workshop UMKM di desa tersebut, Kamis (26/01/2023).

Dipimpin Ketua KKN, Arfiana dari Prodi Teknik Informatika, workshop UMKM tersebut dilakukan dalam rangka untuk pengembangan UMKM melalui branding dan logo serta pemasaran.

“Materi yang kami sampaikan dalam workshop tersebut berupa penjelasan bagaimana merintis UMKM, yang saat ini masih dalam pengembangan. Melalui penjelasan dan pendekatan, kami akan melakukan pendampingan selama KKN sehingga UMKM yang ada di Bedono Kluwung dapat berjalan dengan baik,” ujar Arfiana di sela-sela workshop.

Atas terlaksananya workshop tersebut, pendamping KKN Dwi Jatmoko, M.Pd., mempersilahkan kepada seluruh mahasiswa KKN untuk terjun langsung dengan berinteraksi kepada seluruh UMKM yang ada di Bedono Kluwung sehingga mereka terbantu dengan model pemasaran digital maupun manajamen.

“Sehingga dulu penjualannya secara manual dengan berjualan di pasar, kini bisa menggunakan media sosial ataupun online,” kata Dwi Jatmoko.

Dalam workshop tersebut dilaksanakan di luar kelas (outing class) yaitu dengan mendatangi sejumlah UMKM. Karena jika dijadikan satu, tidak berjalan maksimal. Sehingga inisiatif dari peserta KKN, dengan mendatangi langsung dan memberikan penjelasan, serta mendampingi dan memberikan penjelasan terhadap pelaku UMKM, bagaimana market digital itu.

Dwi Jatmoko menyebut, dari Bedono Kluwung ini ada sekitar 8 UMKM yang divisit peserta KKN selama beberapa hari oleh beberapa kelompok di akhir bulan Januari 2023 ini.

“Kami berharap, pada Minggu (29/01/2023), pelaku UMKM bisa membuat stand atau menempati stand yang disediakan mahasiswa KKN di Desa Bedono Kluwung,” pungkas Dwi Jatmoko sambil menyebut, karena di hari Minggu tersebut akan dilaksanakan jalan sehat dan donor darah serta pendirian stand UMKM dan diharapakan dari UMKM bisa mengikutinya.