• Berita

UM Purworejo Fasilitasi Sertifikasi Halal untuk Ratusan UMKM

  • Berita

UM Purworejo Fasilitasi Sertifikasi Halal untuk Ratusan UMKM

blog-thumb

UM Purworejo Fasilitasi Sertifikasi Halal untuk Ratusan UMKM

  • Humas
  • 12 Januari 2023
  • Dibaca 214 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo memfasilitasi pembuatan sertifikasi halal secara gratis. Program tersebut dilakukan untuk memperkuat dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Secara simbolis 172 sertifikat halal untuk UMKM Purworejo sudah diberikan pada Rabu (11/01/2023) di ruang seminar kampus Sucen UM Purworejo. Sedangkan pada tahun sebelumnya ada 96 sertifikat, sehingga total yang sudah difasilitasi hingga saat ini sebanyak 268 sertifikat.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dr. Rofiq Nurhadi menyampaikan, pelaku UMKM dari berbagai kecamatan. Pendampingan dilakukan sejak bulan Juni tahun lalu melalui jalur Self Declare.

Rofiq menyebut, sertifikasi halal dilakukan melalui beberapa tahapan pemeriksaan untuk membuktikan bahwa bahan baku, proses produksi, dan sistem jaminan halal produk pada suatu perusahaan sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan (LPPOM MUI 2008).

Untuk tahun 2023 masih ada kuota sejuta sertifikat halal gratis bagi pelaku usaha yang belum memiliki sertifikat halal segera daftarkan produknya ke Inkubator Bisnis UM Purworejo,” terangnya.

Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Purworejo, Hamidi menyampaikan bahwa universitas dengan UMKM diharapkan bisa saling support, mengibaratkan seperti lidi pihaknya berharap semua bersatu dalam menjaga prodak dari kualitas, kuantitas, kontinuitas.