• Berita

Kembangkan Program RPL, UM Purworejo Gelar Workshop Penyusunan dan Pemutakhiran Perangkat Asesmen RPL

  • Berita

Kembangkan Program RPL, UM Purworejo Gelar Workshop Penyusunan dan Pemutakhiran Perangkat Asesmen RPL

blog-thumb

Kembangkan Program RPL, UM Purworejo Gelar Workshop Penyusunan dan Pemutakhiran Perangkat Asesmen RPL

  • Humas
  • 18 November 2022
  • Dibaca 862 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Workshop Penyusunan dan Pemutakhiran Perangkat Asesmen Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) di Hotel Grand Dafam, Yogyakarta pada Jumat (18/11/2022).

Acara workshop dihadiri Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si., Kepala UP2, Dr. Mujiyem Sapti, M.Si., dengan Narasumber Ketua Unit RPL dari Universitas Ivet, Dr Fifti Istiklaili, M.Kes. yang juga Dekan FKIP UNISVET dan diikuti peserta workshop perwakilan dari fakultas dan program studi UM Purworejo serta perguruan tinggi sekitar, yakni Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA), Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia (IBISA) dan STIE Rajawali.

Pada kesempatan itu, Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si. selaku Ketua RPL UM Purworejo menyampaikan bahwa saat ini ada lebih dari 30 mahasiswa yang mendaftar kuliah jalur RPL. Ada 5 prodi yang menyelenggarakan program RPL yaitu prodi Teknik Sipil, Manajemen, Agribisnis, Peternakan, dan Pendidikan Teknik Otomotif (PTO). Namun, rencananya tahun depan akan mulai launching program RPL untuk 2 prodi yang lain yakni prodi PBSI dan PBSJ.

Dirinya berharap adanya sinergitas kerjasama dengan dinas-dinas maupun instansi yang ada di kabupaten maupun luar kabupaten Purworejo.

“Beberapa kegiatan yang sudah kita lakukan di bantuan skema 2 ini yang pertama selain kami menyelenggarakan RPL 5 prodi tadi dan mengikutkan 2 prodi, kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada dinas maupun kecamatan Purworejo. Kami masih di sekitar purworejo dan luar biasa tanggapan mereka dan rencana kita akan membuka lagi sosialisasi tahap kedua dengan mengundang BKD dari Purworejo,” jelasnya.

Selain itu, Dr. Siska menjelaskan bahwa workshop pemutakhiran RPL ini diadakan guna memperbaharui dokumen-dokumen yang sudah ada dan juga untuk sharing dan diskusi tentang penyelenggaraan RPL dengan universitas lain. Dirinya berharap setelah kegiatan ini berlangsung, UM Purworejo memiliki komitmen untuk terus melaksanakan ini, salah satunya adalah mengembangkan sistem RPL yang dikembangkan sendiri oleh PPTIK.

“Harapannya tahun depan, ada atau tidak ada hibah, RPL ini tetap berjalan. Sistem RPL tahun depan harus sudah digunakan dan juga cakupan prodi akan semakin luas,” ungkapnya.

Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., mengatakan bahwa UM Purworejo adalah tahun kedua menyelenggarakan RPL.

“Sebagaimana kita pahami bersama bahwa RPL ini adalah sebuah proses penilaian dan pengakuan berdasarkan KKNI atas pembelajaran lampau baik yang diperoleh secara formal, informal maupun nonformal. Sehingga saya kira kalau ini kita sosialisasikan saya kira sambutan masyarakat tentu sangat baik. Karena melalui program ini, masyarakat bisa memperpendek masa studi dan juga memperoleh akses yang seluas-luasnya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensinya,” ujarnya.

Acara kemudian dibuka oleh Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., sekaligus penyerahan kenang-kenangan kepada narasumber dan dilanjutkan materi workshop oleh Dr Fifti Istiklaili, M.Kes.