• Berita

Rektor UM Purworejo Resmikan Gedung Lantai 2 Pesma Al Chudlorie

  • Berita

Rektor UM Purworejo Resmikan Gedung Lantai 2 Pesma Al Chudlorie

blog-thumb

Rektor UM Purworejo Resmikan Gedung Lantai 2 Pesma Al Chudlorie

  • Humas
  • 07 November 2022
  • Dibaca 603 Kali

Rektor Universita Muhammadiyah Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. meresmikan Gedung Asrama Lantai 2 Pesantren Mahasiswa (Pesma) Al Chudlorie yang berlokasi di Jalan Brigjen Wiyono, Kedungputri, Baledono, Purworejo pada Senin, 7 November 2022.

Acara peresmian dihadiri oleh pengurus pesma, Wakil Rektor, Badan Pembina Harian (BPH), Pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo, Kepala Lembaga Pengkajian, Pendalaman dan Pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan (LP3AK), serta segenap panitia pembangunan Pesma Al Chudlorie dan warga sekitar.

Ken Dewanti HLS, S.Sos. selaku Ketua Pembangunan Pesma menjelaskan bahwa pembangunan dimulai pada 18 Juli 2022 dan berakhir pada Oktober 2022 dengan menelan anggaran sebesar Rp 315.840.600,-

“Pesma Al Chudlorie ini dikhususkan untuk mengakomodasi mahasiswi UM Purworejo dengan total daya tampung sebanyak 40 mahasiswi, dan hingga saat ini sudah ada 25 mahasiswi yang menempati pesma ini,” jelasnya.

Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. dalam sambutannya menerangkan tentang perjalanan pendidikan di persyarikatan Muhammadiyah dari lembaga pendidikan formal, yaitu pendidikan agama dan umum sekaligus. Di dalam perkembangannya, lembaga ini merasa untuk terus disempurnakan utamanya di dalam proses pendidikan moral dan kaderisasi. Oleh karena itu muncul banyak pendidikan yang berbasis pondok pesantren di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah.

“Kita mengembangkan pesantren sudah cukup lama. Kemudian ada di Doplang wakaf dari ibu Sri Rahayu. Kemudian di Loano wakaf dari keluarga bapak Roestam. Mohon doanya semoga pesantren ini dapat terus berkembang selain untuk memenuhi harapan keinginan keluarga para pewakif, juga dapat memenuhi harapan persyarikatan, masyarakat, umat, kita semua sebagai pusat lembaga pendidikan moral dan kaderisasi pusat dakwah islam juga untuk menyiapkan kader-kader masyarakat dan bangsa,” ungkapnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda secara simbolis peresmian gedung lantai 2 Pesma Al-Chudlorie oleh Rektor UM Purworejo dan Pimpinan Pesma Al-Chudlorie, H. Nasrudin, M.S.I.  

Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima kendaraan operasional dari UM Purworejo untuk PDM Purworejo. Serah terima dilakukan oleh Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. kepada Ketua PDM Purworejo, Drs. H. Pudjiono.

Dr. Rofiq berharap semoga kendaraan operasional tersebut nanti dapat membawa keberkahan bagi persyarikatan dan juga bagi perkembangan dakwah Islam di Kabupaten Purworejo.

Senada dengan itu, Ketua PDM Purworejo, Drs. H. Pudjiono juga berharap melalui amal usaha muhammadiyah baik yang berkaitan dengan pondok pesantren, pengembangan pengetahuan LP3AK dan semua muaranya adalah untuk memajukan Indonesia dan untuk membawa Muhammadiyah yang berkeunggulan dan menciptakan masyarakat yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur sebagai bagian menjadi islam yang rohmatan lil ‘alamiin.