• Berita

UMPurworejo Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau

  • Berita

UMPurworejo Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau

blog-thumb

UMPurworejo Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau

  • Humas
  • 04 November 2022
  • Dibaca 55 Kali

Bertempat di Kedai Makan Satu Satu, Jum’at (04/11/2022), UMPurworejo (Universitas Muhammadiyah Purworejo) mengadakan sosialisasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau.

Sebagai peserta dalam sosialisasi ini, perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Purworejo, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo, Lembaga Pembina Khusus Anak Kelas 1 Kutoarjo, Kecamatan Purworejo, Kecamatan Banyuurip, Kecamatan Loano, Kecamatan Bayan, Kecamatan Bagelen, Kecamatan Gebang dan Kecamatan Purwodadi.

Sosialisasi dibuka secara resmi oleh Rektor UMPurworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., yang dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada hari merupakan pengenalan RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) sebagai jalur baru dalam Penerimaan Mahasiswa Baru di UMPurworejo, melengkapi jalur sebelumnya yaitu Reguler dan Transfer.

“Kegiatan sosialisasi ini sekaligus sebagai silaturahmi civitas UMPurworejo dengan masyarakat Purworejo khususnya Dinas terkait dan beberapa Camat di Kabupaten Purworejo,” ujar Rofiq.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur RPL ini, kata Rofiq, diharapkan dapat menjadi solusi bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki pengalaman kerja karena pengalaman tersebut dapat diakui atau direkognisi dalam SKS.

Ketua Tim RPL UMPurworejo, Dr. Siska Desy Fatmaryanti, M.Si dalam sosialisasi menjelaskan, bahwa program RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu.

UMPurworejo, kata Siska, telah secara resmi mendapatkan sertifikat dari Dikti Kemdikbud untuk menyelenggarakan program RPL dan mendapatkan hibah RPL tahun 2021 dan 2022.

RPL di UMPurworejo pada tahun ini sudah dilaksanakan di 4 Prodi, yaitu, Prodi Agribisnis, Prodi Manajemen, Prodi Teknik Sipil dan Prodi Pendidikan Teknik Otomotif.

“Pada tahun ajaran berikutnya akan diselenggarakan di semua Program Studi yang telah terakreditasi B,” ungkap Siska sambil menyebut, untuk teknis pendaftaran program RPL ini melalui sistem Penerimaan Mahasiswa Baru.

Adanya sosialisasi ini mendapat tanggapan positif dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo, yang menyampaikan, ada sekitar 15 penyuluh yang masih lulusan SMK, SMA maupun D3/D4 yang dapat ditindak lanjuti melalui program RPL ini.

Tanggapan juga datang dari perwakilan kecamatan, bahwa selain RPL perlu ada sosialisasi juga beasiswa KIP untuk mahasiswa reguler sampai ke desa-desa.