• Berita

UM Purworejo Kirimkan Dua Mahasiswa KKN-PPL Internasional ke Thailand

  • Berita

UM Purworejo Kirimkan Dua Mahasiswa KKN-PPL Internasional ke Thailand

blog-thumb

UM Purworejo Kirimkan Dua Mahasiswa KKN-PPL Internasional ke Thailand

  • Humas
  • 26 Agustus 2022
  • Dibaca 119 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo (UM Purworejo) kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti Program KKN-PPL Internasional di Thailand Selatan. Dua Mahasiswa UM Purworejo yang telah lolos tahap seleksi siap mengabdi di Thailand Selatan. Keduanya merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) semester 5, yakni Mayliana Rosani dan Safela Milatinaela. Penyelenggaraan KKN-PPL Internasional kali ini pun masih dipusatkan di kawasan Thailand Selatan, yang mempunyai penduduk mayoritas Islam, sehingga memungkinkan mahasiswa untuk mudah beradaptasi dengan masyarakat setempat.

Kepala UPT Kerja Sama UM Purworejo, Dr. Tusino, M.Pd.B.I. mengatakan, UM Purworejo mengirimkan 2 (dua) mahasiwa bersama Universitas Siliwangi Tasikmalaya (8 orang), Universitas Islam Makasar (4 orang), dan Universitas Al-Muslim, Bekasi (1 orang). Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

“Semoga kedepannya akan lebih banyak lagi mahasiswa yang mengikuti program ini dan tidak terpusat hanya di Thailand saja, melainkan ke negara-negara yang telah bekerja sama dengan UM Purworejo, seperti Malaysia dan Filipina,” ungkapnya.

Acara pelepasan mahasiswa KKN-PPL Internasional berlangsung pada Senin, 22 Agustus 2022, yang dihadiri oleh delegasi mahasiswa UM Purworejo terpilih yang didampingi Ketua Prodi PBI UM Purworejo, Sri Widodo, S.S., M.Hum. dan Kepala UPT Kerja Sama UM Purworejo Dr. Tusino, M.Pd.B.I., bertemu dengan Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag., serta Wakil Rektor 4 Bidang Kerja Sama, Tri Ermayani, M.Ag.

Rektor mengatakan bahwa kegiatan ini akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan dapat diambil banyak manfaat, diantaranya menambah lebih banyak relasi dan belajar budaya baru.

Dirinya berharap agar kedua mahasiswa dapat diberikan kelancaran dalam menjalankan kegiatan tersebut. “Semoga bisa berjalan lancar dan semuanya diberi keberkahan,” ungkapnya.   

Selain itu, Wakil Rektor 4 Bidang Kerja Sama, Tri Ermayani, M.Ag. juga berpesan agar para mahasiwa dapat berbaur dan beradaptasi dengan kultur setempat, dan dapat berperan aktif pada setiap kesempatan. “Semoga lancar, sehat selalu, dan selalu diberikan pertolongan Allah” imbuhnya.

Kedua mahasiswa tersebut memulai pengabdiannya di Thailand Selatan pada 24 Agustus sampai dengan 22 September 2022. Mereka bertolak menuju Thailand hari Rabu, 24 Agustus 2022 dari bandara Soekarno-Hatta untuk terbang ke Krabi di Thailand Selatan didampingi oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Dr. Sriyono, M.Pd.