• Berita

Dosen Peternakan UM Purworejo Raih Gelar Doktor dengan IPK 4.0

  • Berita

Dosen Peternakan UM Purworejo Raih Gelar Doktor dengan IPK 4.0

blog-thumb

Dosen Peternakan UM Purworejo Raih Gelar Doktor dengan IPK 4.0

  • Humas
  • 04 Agustus 2022
  • Dibaca 664 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo kembali memiliki 1 orang doktor. Dr. Jeki Mediantari Wahyu Wibawanti, S.Pt., M.Eng., M.Si. yang merupakan Dosen Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Purworejo telah sukses mengikuti Ujian Disertasi secara offline yang diselenggarakan oleh Program Studi Doktor Ilmu Peternakan (DIP) Universitas Diponegoro. Kegiatan sidang dilaksanakan di Dekanat Fakultas Peternakan dan Pertanian yang dipimpin langsung oleh Dekan Prof. Dr. Ir. Bambang W.H.E.P, M.S., M.Agr., IPU. Bertindak selaku ketua tim Promotor Prof. Ir. Anang M. Legowo, M.Sc., Ph.D., dan Dr. Sri Mulyani, S.Pt., M.P serta Ir. Rudy Hartanto, S.Pt., M.P., Ph. D., IPM sebagai anggota promotor.

Dr. Jeki berhasil mempertahankan Disertasinya dihadapan tim penguji Prof. Ir. V. Priyo Bintoro, M.Agr., Ph.D, Dr. Eko Pangestu, M.P, dan Dr. Heni Rizqiati, S.Pt., M.P dan penguji eksternal Ir. Juni Sumarmono, M.Sc. Ph.D., IPU dari Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman. Promovenda menulis Disertasi terkait dengan penambahan Sinbiotik Inulin Ekstrak Apel Mangrove (Sonneratia caseolaris) dan Lactobacillus plantarum dalam yogurt Sebagai Minuman Fungsional.

Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag selaku Rektor Universitas Muhamadiyah Purworejo menyampaikan apresiasinya atas capaian tersebut. ”Selamat dan Barokallah semoga ilmunya bermanfaat dan berkontribusi untuk UMPurworejo,” ucapnya.

Disampaikan Dr. Jeki, penelitian ini dilakukan berawal dari ketertarikan peneliti terhadap kegiatan pemberdayaan terkait mangrove yang dilakukan bersama Mangrove Institut. Jeki yang juga sebagai bergelut dibidang pengolahan pangan khususnya hasil ternak mengkombinasikan buah mangrove jenis apel mangrove (Sonneratia caseolaris) atau yang dikenal Bogem/Pidada dengan susu kambing menjadi yogurt sinbiotik. Jeki mengangkat potensi lokal dari susu kambing Peranakan Etawa dari Kaligesing Purworejo dan pemanfaatan apel mangrove sebagai sumber pangan alternatif khas pesisir untuk diteliti. Adapun hasil penelitian masuk dalam 3 Jurnal Internasional terindeks Scopus. Selama studi mendapatkan kesempatan dana beasiswa Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) ,Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Agung Purnomoadi, M.Sc selaku Ketua Program studi Doktor Ilmu Peternakan mengapresiasi bahwa gelar Doktor yang diraih oleh Dr. Jeki dengan masa studi 3 tahun dengan menyandang predikat Cumlaude IPK 4,0.