• Berita

Bangun Jiwa Enterpreneur Mahasiswa, UM Purworejo Bersama Bank Jateng Kanca Purworejo Adakan Micro Business Game

  • Berita

Bangun Jiwa Enterpreneur Mahasiswa, UM Purworejo Bersama Bank Jateng Kanca Purworejo Adakan Micro Business Game

blog-thumb

Bangun Jiwa Enterpreneur Mahasiswa, UM Purworejo Bersama Bank Jateng Kanca Purworejo Adakan Micro Business Game

  • Humas
  • 25 Juli 2022
  • Dibaca 823 Kali

Micro Business Game (MBG) merupakan pelatihan interaktif untuk para mahasiswa, pelaku usaha mikro, dan semua orang yang ingin belajar berwirausaha. Universitas Muhammadiyah Purworejo melalui Unit Inkubator Bisnis bersama Bank Jateng memberikan fasilitas kepada mahasiswa mengikuti MBG sebagai salah satu cara membangun jiwa entrepreneur pada diri mahasiswa. Mahasiswa sebagai salah satu agen perubahan bangsa diharapkan mampu menuangkan inovasi untuk membawa perekonomiaan Indonesia lebih berkembang.

Pelaksanaan MBG di Universitas Muhammadiyah Purworejo sejak bulan Maret – Juli 2022 yang terdiri dari beberapa batch, dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai program studi antara lain Agribisnis, Peternakan, Manajemen, dan Pendidikan Ekonomi. Mahasiswa terbagi menjadi sepuluh kelas dimana dalam satu minggu Bank Jateng memberikan pelatihan 1-3 kelas. Melihat antusias mahasiswa sangat tinggi, Fasilitator Micro Business Games tidak hanya dari Bank Jateng Kantor Cabang Purworejo, tetapi juga dari luar Purworejo.

“Tujuan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan Micro Business Games selain memperkaya praktik pembelajaran dalam mata kuliah kewirausahaan sekaligus melatih mahasiswa agar lebih handal dalam berbisnis sesuai dengan minatnya, sehingga lebih siap menghadapi dunia usaha di masa yang akan datang,” tutur Dyah Panuntun Utami, selaku Kepala Unit Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Menurut Instruktur Micro Business Game disampaikan bahwa MBG bertujuan melatih peserta memahami situasi pasar dan mengambil keputusan yang tepat dalam menjalankan bisnis. MBG terdiri dari empat babak dimana setiap babak terdapat situasi pasar tertentu. Dalam permainan ini, peserta berperan sebagai pemilik usaha dan diberikan kesempatan membuat strategi berupa keputusan-keputusan untuk mempertahankan pasar. MBG juga mengajak peserta aktif berinteraksi dan berbagi pengalaman bisnis sehingga mahasiswa yang belum memiliki ide bisnis terinspirasi dan termotivasi untuk menjalankan bisnis.

Hampir semua peserta menyatakan bahwa banyak hal baru yang diperoleh dari Micro Business Game dan bermanfaat untuk mengelola bisnis yang mereka jalankan.

Kegiatan Micro Business Game yang difasilitasi Bank Jateng ini semoga terus berkelanjutan mengingat antusias mahasiswa sangat tinggi. Berkembangnya jiwa entrepreneur dikalangan mahasiswa akan mendorong inovasi dan kreatifitas dalam memanfaatkan sumber daya alam dan mewujudkan lahirnya wirausaha muda di lingkungan kampus.