• Berita

KKN-T UM Purworejo Launching Forum UMKM dan Pelantikan Pengurus Forum UMKM Desa Secang

  • Berita

KKN-T UM Purworejo Launching Forum UMKM dan Pelantikan Pengurus Forum UMKM Desa Secang

blog-thumb

KKN-T UM Purworejo Launching Forum UMKM dan Pelantikan Pengurus Forum UMKM Desa Secang

  • Humas
  • 18 Februari 2022
  • Dibaca 1037 Kali

Forum UMKM merupakan satu tempat yang dibentuk dinas koperasi dan UMKM untuk mempermudah para pelaku usaha UMKM mendapatkan pembinaan dan pengarahan dalam memajukan usaha mereka. Pada Rabu (2/2/2022), Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Universitas Muhammadiyah Purworejo memfasilitasi para pelaku usaha warga Desa Secang untuk mengembangkan usahanya dengan membentuk Forum UMKM. Acara Launching Forum UMKM dan Pelantikan Pengurus Forum UMKM Desa Secang diselenggarakan di Balai Desa Secang dengan dihadiri oleh Kepala Desa Secang Bapak Agus Prabawa Setyabudi, S.H, Bapak Dedi Runanto, M.Si selaku Dosen Pembimbing KKN-T Universitas Muhammdiyah Purworejo, Ibu Nurfiana, S.STP, M.M. selaku Camat Kecamatan Ngombol, Bapak Kuntaufik Ali Akbar selaku Ketua UMKM Kecamatan Ngombol, Ibu Dr. Hesti Respatiningsih, S.E.,M.Par. selaku Ketua UMKM Kabupaten Purworejo, dan sekaligus dihadiri oleh para Anggota serta Pengurus Forum UMKM Desa Secang yang nantinya akan dilantik. Acara Launching Forum UMKM dan Pelantikan Forum UMKM Desa Secang ini disahkan dengan pemotongan tumpeng dan penandatanganan SK Pengurus Forum UMKM yang diberi nama ‘BOESTAB’, kepanjangan dari ‘BOESTAB’ sendiri adalah Bisaning Oerip Seko Tangan Ati Lan Budi . UMKM Desa Secang merupakan pembentukan pembentuk forum Desa yang pertama kali dilakukan di Kecamatan Ngombol. Forum UMKM tersebut baru 3 wilayah kabupaten Purworejo dan akan bertambah satu di Desa Secang.

Menurut Ibu Nurfiana, S.STP, M.M. selaku Camat Kecamatan Ngombol acara Launching Forum UMKM dan Pelantikan Forum UMKM Desa Secang tersebut diharapkan dapat menyangga ekonomi warga Desa Secang karena semakin banyak UMKM yang berkembang maka akan terjadi pemutaran ekonomi di desa tersebut. Acara Launching Forum UMKM dan Pelantikan Forum UMKM Desa Secang merupakan pertama kalinya diadakan di Desa Secang. Terdapat aneka produk UMKM seperti Baju, Kue basah, telur asin, pisang krispi dan lain-lain pada bazar produk UMKM.

“Saya mengucapkan terimaksih kepada mahasiswa KKN yang dengan kreatifitasnya serta potensi yang ada di desa untuk UMKM ini, Saya berharap banyak UMKM ini bisa berkembang karena ini akan menyanggga ekonomi rakyat, semakin banyak UMKM yang berkembang produk yang dihasilkan dan pemasarannya bagus maka disini akan terjadi perputaran ekonomi minimal di desa kemudian merambah lagi di Kecamatan dan lebih luas lagi” tutur Ibu Nurfiana, S.STP, M.M. selaku Camat Kecamatan Ngombol.

Ibu Dr. Hesti Respatiningsih, S.E.,M.Par. selaku Ketua UMKM Kabupaten Purworejo menuturkan bahwa berbicara sinergi sudah ada BUMDES, Desa, dan UMKM, kalai bisa BUMDES tadi melakukan upaya atau kerjanya itu tidak mengambil usaha dari masyarakat tetapi justru memfasilitasi usaha itu contoh ada UMKM nantinya Desa akan ada kegiatan, BUMDES menyediakan snack lalu dikolaborasikan dengan UMKM yang nantinya menjadi bentuk kerjasama yang dapat dikembangkan.

Forum UMKM Desa Secang merupakan pembetukan forum desa pertama kali di Kecamatan Ngombol. Forum umkm sendiri baru terdapat di 3 wilayah Kabupaten Purworejo seperti Desa Kandregan Kecamatan Banyan, Desa Borokulon Kecamatan Banyuurip dan Kecamatan Loano. Dengan adanya pembentukan forum UMKM di Desa Secang, maka jumlah forum yang ada di kabupaten Purworejo menjadi semakin bertambah. Artinya dengan bertambahnya forum, taraf perekonimian di Desa Secang yang dulunya menurun diharapkan dapat meningkat karena adanya forum umkm tersebut.

Dengan adanya acara Launching Forum UMKM dan Pelantikan Pengurus Forum UMKM, Forum UMKM tersebut dapat berkelanjutan dan berkembang dengan mengadakan pelatihan-pelatihan terkait UMKM. Kegiatan Launching Forum UMKM dan Pelantikan Forum UMKM Desa Secang ini berjalan lancar dan mendapat respon positif. Semangat luar biasa ibu-ibu UMKM BOESTAB dan mahasiswa KKN –T Universitas Muhammadiyah Purworejo mengiringi acara yang diadakan pada pagi hari tersebut.