• Berita

Mahasiswa KKN-T 82 UM Purworejo Gelar Pelatihan Penanaman Hidroponik dengan Sistem Wick

  • Berita

Mahasiswa KKN-T 82 UM Purworejo Gelar Pelatihan Penanaman Hidroponik dengan Sistem Wick

blog-thumb

Mahasiswa KKN-T 82 UM Purworejo Gelar Pelatihan Penanaman Hidroponik dengan Sistem Wick

  • Humas
  • 31 Januari 2022
  • Dibaca 846 Kali

Tim KKN-T (Kuliah Kerja Nyata-Tematik) kelompok 82 Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) mengajak Kelompok Wanita Tani (KWT) “Sekar Lestari” dalam pelatihan penanaman hidroponik dengan sistem wick di Desa Dlisen Wetan, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, pada hari Jumat, 28 Januari 2022.

Anggota Kelompok Wanita Tani “Sekar Lestari” sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Tidak hanya memperhatikan pelatihan ini, tetapi mereka juga mempraktikan pelatihan itu dengan penuh semangat. Karena terlihat sangat baru di lingkungan desa, banyak rasa keingintahuan dari anggota KWT “Sekar Lestari” dan ingin mencoba membuatnya di rumah. Sistem penanaman hidroponik yang diambil oleh tim KKN-T kelompok 82 adalah sistem wick. Metode hidroponik dengan sistem wick adalah sistem yang paling sederhana dari ke 6 dasar sistem hidroponik. Ini adalah sistem pasif, yang berarti tidak ada bagian yang bergerak. Larutan nutrisi ditarik ke dalam media tumbuh dari wadah nutrisi dengan sumbu, biasanya sumbu menggunakan kain flannel atau jenis bahan lain yang mudah menyerap air.

Ada beberapa kelebihan menanam hidroponik sistem wick, antara lain 1) Tanaman dapat mendapat pasokan air dan nutrisi secara terus-menerus 2) Biaya pembuatan yang murah 3) Mempermudah perawatan tanaman karena tidak perlu melakukan penyiraman 4) Tidak tergantung listrik.

Meskipun demikian, ada juga sejumlah kekurangan sistem wick dalam menanam tanaman dengan cara hidroponik. Beberapa di antaranya yakni air dan nutrisi yang diberikan tidak dapat kembali ke bak penampungan sehingga lebih boros, banyaknya jumlah air yang diberikan akan sedikit susah diatur.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk pemberdayaan pangan. Pada sistem hidroponik tersebut, tim KKN-T kelompok 82 menanam bibit kangkung, bayam hijau, caisim, pakcoy, dan selada air yang hasilnya akan dibagikan kepada ibu-ibu Kelompok Wanita (KWT).