• Berita

Sambut Milad Ke-57, UM Purworejo Gelar Vaksinasi Massal Gratis

  • Berita

Sambut Milad Ke-57, UM Purworejo Gelar Vaksinasi Massal Gratis

blog-thumb

Sambut Milad Ke-57, UM Purworejo Gelar Vaksinasi Massal Gratis

  • Humas
  • 04 September 2021
  • Dibaca 248 Kali

Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar vaksinasi massal gratis bagi mahasiswa, alumni, keluarga dosen, dan tenaga kependidikan serta masyarakat umum di kampus setempat, Jumat (3/9).

Vaksinasi gratis ini menjadi rangkaian Gebyar Milad ke-57 UM Purworejo sekaligus menyiapkan perkuliahan tatap muka. Dalam pelaksanaannya, UM Purworejo bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo yang melibatkan 4 Rumah Sakit di Purworejo dalam membantu proses vaksinasi yakni RS Amanah Umat, RS Budi Sehat, RS Panti Waluyo, dan RSU Aisyiyah sebagai tim vaksinator.     

Rektor UM Purworejo, Dr Rofiq Nurhadi M.Ag, menyebut ada sekitar 1.000 dosis vaksin yang disiapkan dalam kegiatan tersebut.
“Vaksin menggunakan jenis Astra Zeneca untuk mahasiswa, alumni, keluarga dosen dan tenaga kependidikan serta masyarakat umum usia 18-50 tahun,” sebutnya.
Menurutnya, saat ini perkuliahan tatap muka belum dilakukan kecuali praktikum dengan pemberlakuan protokol kesehatan. Vaksinasi dilakukan untuk menyambut perkuliahan tatap muka apabila situasi sudah memungkinkan dan sudah diperbolehkan secara aturan.
"Diutamakan untuk mahasiswa semester 1 dan 3. Jika tidak ada perubahan besok 6 September 2021 semester 1 dan 3 akan ada perkuliahan Luring. Mahasiswa yang belum vaksin tidak bisa ikut pembelajaran," jelasnya.  

Dr. Rofiq mengungkapkan, vaksinasi untuk seluruh dosen dan tenaga kependidikan telah dilakukan. Vaksinasi merupakan program kerja UM Purworejo dalam menanggulangi Covid-19.
"Ditugaskan pengamanan dampak Covid-19. Selama ini 50 dosen dan mahasiswa sudah terpapar dan meninggal satu orang dosen," ungkapnya.

Dalam situasi pandemi, lanjutnya, pendaftaran mahasiswa UM Purworejo tetap tinggi. Namun, pengajuan beasiswa meningkat.
“Biasanya pengajuan beasiswa hanya 150 mahasiswa, untuk saat ini mencapai 400 mahasiswa,” imbuhnya.

Ketua Kegiatan (Baksos) Vaksinasi UM Purworejo, Dr Umi Faizah M.Pd, mengatakan bahwa vaksinasi kali ini merupakan salah satu rangkaian program Baksos dalam rangka Gebyar Milad ke-57 UM Purworejo. Masih ada beberapa kegiatan lain, di antaranya Baksos Jumat Berkah dengan membagikan sembako, seminar, kompetisi olahraga dan seni bagi pelajar SMA, mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan.

Terkait pelaksanaan vaksinasi, teknis pendaftarannya menggunakan link yang di sebarkan melalui media sosial. Menurutnya, animo pendaftar vaksinasi cukup tinggi, dibuktikan hanya dalam waktu 24 jam, 1.000 kuota pendaftar sudah terpenuhi. Guna menghindari kerumunan peserta vaksinasi dibagi menjadi 4 kloter.

"Kita juga membagi untuk bilik vaksin putra dan putri. Sebagai kampus yang berbasis islami kami menjaga privasi kaum muslimah dengan menyediakan bilik sendiri menggunakan sekat," ungkapnya.