• Berita

Bersama BMT Binamas Purworejo, Rektor UM Purworejo Resmikan Laboratorium Micro Finance

  • Berita

Bersama BMT Binamas Purworejo, Rektor UM Purworejo Resmikan Laboratorium Micro Finance

blog-thumb

Bersama BMT Binamas Purworejo, Rektor UM Purworejo Resmikan Laboratorium Micro Finance

  • Humas
  • 15 Juni 2021
  • Dibaca 434 Kali

Selasa (15/6) Universitas Muhammadiyah Purworejo bersama Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Binamas Purworejo melakukan peresmian Laboratorium Microfinance. Acara peresmian tersebut dilakukan di Fakultas Ekonomi, Kampus 3  UM Purworejo, dihadiri oleh Manajer KSPPS BMT Binamas Purworejo, Rektor, Wakil Rektor IV, dan Dekan Fakultas Ekonomi.   

Manajer KSPPS BMT Binamas Purworejo, Karsiwi Tri Setyantoro dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pihak kampus yang telah berkenan menjalin kerjasama sebagai salah satu bentuk implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sehingga pihaknya dapat membawa dan mengenalkan berbagai kegiatan operasional yang telah dilakukan sebagai lembaga microfinance syariah, kepada sivitas akademika UM Purworejo, khususnya Prodi Manajemen.

Menurutnya, penting untuk menggalakkan dan mensukseskan bersama implementasi sistem syariah yang nilai-nilainya lahir dari nilai-nilai Islam. Sudah sepatutnya, kemajuan lembaga-lembaga keuangan syariah menjadi komitmen bersama.

“Mudah-mudahan dengan kerjasama yang telah dijalin ini, sosialisasi dan pemahaman tentang lembaga keuangan mikro syariah bisa semakin luas khususnya di kampus UM Purworejo yang notabene kampus Islami,” ungkapnya.  

Selain itu, Karsiwi meyakini bahwa mahasiswa UM Purworejo ketika lulus tidak hanya berbekal nilai saja, namun juga dilengkapi dengan  kompetensi. Dirinya berharap dengan adanya Laboratoriun Microfinance ini, mahasiswa bisa  memanfaatkan semaksimal mungkin, fasilitas yang diberikan oleh kampus.

“Bahwa kompetensi itu terbentuk dari 3 aspek, yaitu: knowledge, skill, dan attitude. Attitude inilah yang lebih banyak didapatkan ketika kita  melakukan praktek kerja. Mudah-mudahan dengan  adanya lab ini, mahasiswa Prodi  Manajemen khususnya, bisa mendapatkan level Kompeten," ungkapnya.   

Senada dengan Karsiwi, Rektor UM Purworejo, Dr. Rofiq Nurhadi, M.Ag. menyebut bahwa Laboratorium Microfinance ini dapat menjadi jalur penghubung antara universitas dan dunia kerja, sebagaimana program MBKM yang memfokuskan adanya link and match. Dirinya juga berharap laboratorium tersebut dapat bermanfaat bagi mahasiswa, fakultas dan prodi, maupun universitas.

“Saya kira akan sangat bermanfaat untuk praktek sekaligus penelitian mahasiswa maupun pengembangan kurikulum di Fakultas Ekonomi UM Purworejo,” ungkapnya.

Pemotongan pita oleh Rektor UM Purworejo bersama dengan Manajer KSPPS BMT Binamas Purworejo


Acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian Laboratorium Microfinance yang ditandai dengan pemotongan pita oleh Rektor UM Purworejo bersama dengan Manajer KSPPS BMT Binamas Purworejo.