Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Vokasi
Ditulis oleh Prof. Dr. S. Eko Putro Widoyoko   
Jumat, 13 Mei 2016 10:23
Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Vokasi
Untuk Memperkuat Daya Saing Lulusan Pendidikan Kejuruan

Oleh : Prof. Dr. S. Eko Putro Widoyoko
(085868317318/ Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya )

Disampaikan pada Seminar Nasional
Pendidikan Teknik Otomotif UMPurworejo

Abstrak :
 
Dalam rangka mewujudkan keterkaitan antara pendidikan kejuruan dengan dunia kerja, pendidikan kejuruan memerlukan pembelajaran autentik. Pembelajaran autentik memerlukan penilaian autentik. Penilaian autentik adalah bentuk penilaian yang mengharuskan siswa mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah yang ditemui di dunia nyata (autentik) di luar lingkungan sekolah sebagai aplikasi pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya. Termasuk dalam kategori penilaian autentik adalah penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian produk dan penilaian portofolio. Komponen yang harus ada dalam penilaian autentik: a) tugas yang harus dikerjakan siswa, b) lembar penilaian, dan c) rubrik penilaian. Tugas terdiri dari: a) melakukan suatu perbuatan,b) menghasilkan suatu karya, dan c) melakukan sesuatu sekaligus menghasilkan sesuatu. Lembar penilaian merupakan suatu daftar aspek/subaspek penilaian tugas beserta skor hasil penilaian. Rubrik terdiri dari aspek-aspek yang akan dinilai disertai indikator tingkatan mutu untuk setiap aspek tersebut mulai dari tingkat yang paling sempurna sampai tingkat yang paling buruk disertai dengan skor untuk setiap tingkatan mutu tersebut. Setiap komponen terdiri dari satu atau beberapa aspek. Rubrik biasanya dibuat dalam bentuk tabel.
 
Kata kunci : penilaian kinerja, penilaian projek, penilaian produk, rubrik
 
Selengkapnya dapat di unduh disini