Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Senam Otak Pada Siswa SMP Negeri 5 Wates
Ditulis oleh R. Wakhid Akhdinirwanto   
Senin, 08 Oktober 2012 11:34

Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Senam Otak Pada Siswa SMP Negeri 5 Wates

 

Abstrak :

Pembelajaran fisika di sekolah pada saat ini lebih menekankan pada cara menyelesaikan soal dengan benar dan tepat. Siswa mempelajari teori-teori fisika berdasarkan informasi dari guru dan buku, sehingga pembelajaran fisika membosankan, yang berakibat pada rendahnya motivasi belajar fisika. Karena itu, perlu peningkatan motivasi belajar fisika. Tujuan penelitian ini adalah  untuk peningkatan motivasi belajar fisika melalui senam otak pada siswa SMP Negeri 5 Wates tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini kelanjutan dari penelitian sebelumnya, yang berkaitan dengan aktivitas belajar fisika. Setting penelitian SMPN 5 Wates yang beralamat di Tambak Triharjo, Wates, Kulonprogo, dengan subyek siswa kelas VIII C yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan indikator penelitian minimal 24 siswa memiliki motivasi belajar fisika yang baik.
Kesimpulannya adalah melalui senam otak dapat meningkatkan motivasi belajar fisika siswa di SMP Negeri 5 Wates. Peningkatan motivasi belajar siswa: sebelum siklus hanya ada 7 siswa yang termotivasi untuk belajar fisika, setelah siklus II meningkat menjadi 27 siswa. Peningkatan motivasi belajar ini diikuti dengan peningkatan hasil belajar siswa dari 60 pada pra siklus menjadi 69,4 pada siklus II. Disarankan kepada teman sejawat untuk  melakukan pembelajaran yang mampu memotivasi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Kata Kunci : Motivasi belajar fisika, senam otak

Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya