Inovasi pada Usaha Kecil dan Menengah di DIY: Tipe, Sumber Informasi, dan Akses Teknologi
Ditulis oleh Wijayanti & Intan Puspitasari   
Sabtu, 10 Maret 2012 09:31
 
INOVASI PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH DI DIY:
TIPE, SUMBER INFORMASI, DAN AKSES TEKNOLOGI

Abstrak


    Penelitian ini bertujuan mengetahui tipe inovasi yang dilakukan oleh usaha kecil dan menengah (UKM) di Yogyakarta . Dalam penelitian ini ada tiga UKM yaitu kulit, perak, dan mebel. Alasan tiga UKM tersebut yang dipilih karena pada akhir-akhir ini produk kulit, perak, dan mebel banyak diwarnai dengan desain-desain baru. Selain itu juga merupakan komoditi andalan di DIY. Penelitian dilakukan di kabupaten Sleman, Bantul, dan Kodya Yogyakarta. Selain tipe inovasi juga dilihat sumber-sumber pengetahuan untuk melakukan inovasi tersebut dan tipe teknologi yang digunakan.
Responden dari penelitian ini adalah pengusaha kulit, perak, dan mebel. Data responden didapatkan dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi DIY serta pihak lain yang mengetahui keberadaan UKM tersebut. Metode pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling karena probabilitas masing-masing anggota populasi tidak diketahui. Dalam penelitian ini, nonprobability yang digunakan adalah purposive sampling agar sampel yang dipilih dapat mewakili populasi.
Dari hasil analisa data dapat diketahui bahwa inovasi yang banyak dilakukan oleh UKM kulit, perak, dan mebel adalah inovasi produk. Selain itu, ada tiga inovasi lain yang juga sering dilakukan yaitu inovasi pasar, inovasi bahan baku, dan inovasi layanan. Perusahaan kulit fokus pada inovasi pasar dan inovasi bahan baku. Perusahaan perak melakukan inovasi pasar dan inovasi layanan. Untuk perusahaan mebel, inovasi kedua dan ketiga yang dilakukan adalah inovasi bahan baku dan pasar.

Kata kunci : Akses informasi, teknologi, dan inovasi.

Email Penulis : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya