Humor dalam Adegan Gara-gara Wayang Kulit Dalang Ki Hadi Sugito
Ditulis oleh Yuli Widiyono, M.Pd   
Jumat, 09 Maret 2012 12:47
 
Humor dalam Adegan Gara-gara Wayang Kulit Dalang Ki Hadi Sugito

Yuli Widiyono, M,Pd.
Universitas Muhammadiyah Purworejo


ABSTRAK

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)  Apa sajakah bentuk humor yang terdapat dalam adegan gara-gara wayang kulit dalang Ki Hadi Sugito, (2) Apakah fungsi humor dalam adegan gara-gara wayang kulit dalang Ki Hadi Sugito. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi humor dalam adegan gara-gara wayang kulit dalang Ki Hadi Sugito.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori yang dikemukakan oleh Darminto (1996:10) tentang bentuk humor, pendapat Wijana,IDP, Dinut (1996) tentang hunor (Kartun dan Pamflet Politik: Majalah PRISMA), kemudian fungsi humor dikemukakan oleh Mahmud (1994:93) dan Soedjito (1992:118)
Subjek Penelitian ini adalah tuturan adegan gara-gara pertunjukan wayang kulit dalang Ki Hadi Sugito. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak, transkrip, dan catat. Untuk membantu kelancaran dan mempermudah dalam mengkaji data, digunakanlah alat penunjang data berupa tape recorder dan kartu data untuk mencatat semua data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian meliputi, bentuk humor dalam adegan gara-gara wayang dalang Ki Hadi Sugito lebih banyak terdapat pada bentuk guyon parikena, humor yang dimunculkan banyak  terkait dengan kehidupan masyarakat, ditinjau dari tuturan yang digunakan merupakan bahasa sehari-hari. Berdasarkan fungsi humor dalam adegan gara-gara  wayang kulit dalang Ki Hadi Sugito lebih banyak terkait pada fungsi humor rekreatif, yakni sebagai sarana untuk memberikan hiburan.
 
Kata Kunci : Humor, Adegan Gara-gara, Dalang Ki Hadi Sugito

Email Penulis : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya