Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual sebagai Faktor Pendukung Kepemimpinan Transformasional
Ditulis oleh Murry Harmawan Saputra, SE., M.Sc.   
Sabtu, 03 Maret 2012 11:58
  
KECERDASAN EMOSI DAN KECERDASAN SPIRITUAL SEBAGAI FAKTOR PENDUKUNG KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PERUBAHAN ORGANISASIONAL

Murry Harmawan Saputra
Universitas Muhammadiyah Purworejo

Abstrak

Kepemimpinan sangat penting bagi setiap organisasi, baik organisasi profit maupun nonprofit, privat maupun pemerintah dan bagi setiap individu. Kepemimpinan merupakan alat yang diperlukan organisasi untuk mengarahkan sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif. Pemimpin sudah seyogyanya mempunyai kemampuan dan kecerdasan yang lebih dibanding bawahannya agar dapat membawa organisasi yang dipimpinnya untuk meraih tujuan.
Pada mulanya kecerdasan seseorang hanya dilihat dari kecerdasan kognitifnya saja, namun pada perkembangannya kecerdasan IQ bukanlah satu-satunya indikator  kecerdasan, yang dapat membawa kesuksesan seseorang. Kecerdasan lain yang diperlukan oleh seorang pemimpin adalah kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ), yang merupakan perkembangan dari tingkatan kecerdasan (intelligence). Dalam tulisan ini akan membahas mengenai kepemimpinan transformasional yang didukung dengan adanya kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual, diyakini akan dapat membawa organisasi meraih tujuannya dan menuju perubahan organisasi kearah yang lebih baik.

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepemimpinan  Transformasional, Kecerdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual.

Email Penulis : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya