Pengaruh Relationship Marketing pada Loyalitas
Ditulis oleh Murry Harmawan Saputra, SE., M.Sc.   
Sabtu, 03 Maret 2012 11:50
 
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING PADA LOYALITAS MAHASISWA PROGRAM MAGISTER SAINS FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Murry Harmawan Saputra
Universitas Muhammadiyah Purworejo



Abstrak :
Dalam dunia bisnis modern paradigma pemasaran telah bergeser, tidak hanya menciptakan transakasi untuk mencapai keberhasilan pemasaran tetapi perusahaan juga harus menjalin hubungan dengan pelanggan dalam waktu yang panjang agar memperoleh kesuksesan jangka panjang. Paradigma tersebut disebut relationship marketing. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang pernah dilakukan oleh Ndubisi (2007). Penelitian ini menganalisis pengaruh strategi relationship marketing yang terdiri atas 4 variabel yaitu: kepercayaan, komitmen, komunikasi dan kemampuan menangani konflik terhadap loyalitas pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari keempat variable dari relationship marketing tersebut yang berpengaruh langsung pada loyalitas hanyalah variabel kepercayaan, hal ini kemungkinan terjadi karena ukuran sampel yang digunakan terlalu kecil sehingga skala pengukuran tidak sepenuhnya dapat mengukur variabel yang seharusnya diukur, sehingga pengolahan data yang ada tidak menggambarkan keadaan yang sebenarnya pada populasi. Ketiga variabel selain variabel kepercayaan, dalam penelitian ini belum menunjukan pengaruh positif pada loyalitas sehingga diharapkan adanya penelitian lanjutan setelah penelitian ini dengan menggunakan ukuran sampel yang besar sehingga lebih representatif dan hasil yang didapatkan akan lebih maksimal sehingga mampu menjelaskan hubungan antara relationship marketing pada loyalitas dengan lebih baik.


Kata kunci: Relationship marketing, kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan konflik, loyalitas pelanggan

Email Penulis : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya