Publikasi Ilmiah
Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara IV (Retorika)
Ditulis oleh Umi Faizah, M.Pd   
Kamis, 16 Februari 2012 13:30
Umi Faizah, M.Pd. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Berbicara IV (Retorika) Berbasis Cooperatif Learning Think Pair Share di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa ...
Selengkapnya...
 
Pemanfaaatan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Ditulis oleh Evi Nurulwati & R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:48
Keterampilan berpikir kritis kurang dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah, karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk pemanfaatan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas VIII A SMP N 7 Kebumen tahun pelajaran 2010/2011 ...
Selengkapnya...
 
Pemanfaatan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Peningkatan Aktivitas Belajar
Ditulis oleh Setya Astuti Wijayanti & R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:42
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas belajar pada siswa yang mengakibatkan rasa malas dan bosan saat pelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pemanfaatan model pembelajaran Problem Solving untuk ...
Selengkapnya...
 
Mos Dengan ESQ, Mengapa Tidak?!
Ditulis oleh R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:32
Masa Orientasi Siswa atau disingkat MOS atau sering disebut juga Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (disingkat MPLS) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah guna menyambut kedatangan siswa baru ...
Selengkapnya...
 
Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Senam Otak Pada Siswa SMP Negeri 5 Wates
Ditulis oleh R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:28
Kegiatan pembelajaran seringkali tidak menekankan pada aktivitas siswa. Siswa hanya mendengarkan hal-hal yang disampaikan guru, kegiatan mandiri dianggap tidak ada maknanya karena guru adalah orang yang lebih tahu  ...
Selengkapnya...
 
Penerapan Field Study Untuk Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Fisika
Ditulis oleh Umi Rochimah & R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:23
Aktivitas dan prestasi belajar siswa merupakan dua hal yang dapat mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan field study untuk peningkatan aktivitas dan prestasi belajar fisika  ...
Selengkapnya...
 
Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Metode Demonstrasi pada siswa SMP Negeri 5 Wates
Ditulis oleh R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:19
Pembelajaran fisika di sekolah pada saat ini lebih menekankan pada cara menyelesaikan soal dengan benar dan tepat. Siswa mempelajari teori-teori fisika berdasarkan informasi dari guru dan buku, sehingga pembelajaran fisika membosankan ...
Selengkapnya...
 
Menentukan Distribusi Temperatur Dengan Metode Numerik
Ditulis oleh R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:14
Telah dilakukan perhitungan temperatur pada balok. Perhitungan ini dilakukan dengan metode numerik. Tujuannya adalah menentukan temperatur pada titik-titik penyebaran pada ruang konduktor berbentuk balok. Metode numeric yang digunakan adalah iterasi Gauss Seidel ...
Selengkapnya...
 
Peningkatan Pemahaman Sains (Fisika) Melalui Praktikum Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 5 Wates
Ditulis oleh R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:08
Pembelajaran Sains (Fisika) di SMPN 5 Wates selama ini hanya menekankan pada materi yang bersifat teoritis saja. Guru hanya memberikan rumus kemudian menyuruh siswa mengerjakan soal. Kegiatan pembelajaran semacam ini, membuat siswa tidak pernah bertanya ...
Selengkapnya...
 
Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Alat Peraga
Ditulis oleh Siti Latifah, Siska Desy F & R. Wakhid Akhdinirwanto   
Kamis, 16 Februari 2012 09:04
Sebagian orang awam menganggap bahwa ilmu Iitu sulit dan selalu berurusan dengan rumus-rumus yang membingungkan, hal itu disebabkan karena pada saat pertama kali mereka diperkenalkan ilmu IPA dengan cara belajar secara abstrak ...
Selengkapnya...
 
« MulaiSebelumnya123456BerikutnyaAkhir »

Halaman 2 dari 6