Penandatanganan MOU Pendampingan Rintisan Sekolah Adiwiyata Antara UMP dengan SD Muhammadiyah Kutoarjo
Ditulis oleh Diki Anwar Sani, S.Pd.   
Rabu, 31 Maret 2010 10:35
            Program Sekolah Adiwiyata adalah program pemerintah dalam rangka mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan. Adapun tujuan dari program Sekolah Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga di kemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembengunan berkelanjutan. Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) yang memiliki misi Caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah berusaha untuk senentiasa terus secara konsisten mengaplikasikan dan melaksanakan misi tersebut sehingga kebermaknaan UMP semakin dirasakan masyarakat luas, dan bahkan juga diharapkan kerja sama terus dikembangkan tidak hanya dengan pemerintah tetapi juga dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang lain khususnya di Kabupaten Purworejo untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat di berbagai bidang di antaranya pendidikan, pertanian, kesehatan dan sosial ekonomi.
          Penandatanganan MOU Rintisan Sekolah Adiwiyata antara Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan SD Muhammadiyah Kutoarjo merupakan salah satu bentuk Program Pemberdayaan Masyarakat UMP di bidang Pendidikan dan pendampingan UMP terhadap amal usaha (AUM) yang berada di Kabupaten Purworejo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 12 Robiul Akhir 1431 H atau bertepatan dengan 28 Maret 2010 M bertempat di lapangan SD Muhammadiyah Kutoarjo. Sebelum acara Penandatanganan MOU oleh Rektor UMP (Drs. Moh. Fakhrudin, M.Hum) dan kepala sekolah SD Muhammadiyah Kutoarjo (Amad Darusman, S.Pd.) acara diawali dengan pengajian dan peresmian gedung baru SD Muhammadiyah Kutoarjo oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Pusat Muhammadiyah Jakarta, Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed.
          UMP akan melakukan pendampingan secara intensif  di SD Muhammadiyah Kutoarjo agar sekolah ini menjadi lebih terarah dalam mencapai tujuan sekolah Adiwiyata. SD Muhammadiyah Kutoarjo dipilih sebagai dampingan UMP pertama dalam program rintisan Sekolah Adiwiyata ini karena SD Muhammadiyah Kutoarjo memiliki antusisme yang tinggi terhadap program Sekolah Adiwiyata dan upaya sadar lingkungan juga sudah mulai diupayakan oleh Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kutoarjo.
          Untuk tahap awal pendampinagan UMP dalam program rintisan sekolah Adiwiyata di SD Muhammadiyah Kutoarjo ini, UMP memfasilitasi delapan pasang tempat sampah organik dan non organik dan beberapa peralatan lainnya yang dapat menunjang pencapaian program Sekolah Adiwiyata ini. UMP juga melakukan pendampingan dari segi non fisik, melalui upaya sadar lingkungan mulai dari para guru dan karyawan dan juga siswa.