Hasil Rakor Kerja Sama UMP dengan Seluruh PCM dan PCA Se-Kabupaten Purworejo
Ditulis oleh Dicky Anwar Sani, S.Pd.   
Sabtu, 18 April 2009 06:14
Tema : Mewujudkan Kedaulatan Pangan Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan
 
Latar Belakang
 
         Perjalanan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) hampir memasuki tahun pertama. Kegiatan pemberdayaan tersebut diawali dengan kerja sama UMP dengan Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Komitmen UMP dalam bidang kerja sama, khususnya di bidang pemberdayaan masyarakat makin terbukti sejak dibentuk Kader Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo Nomor : 184/KEP/II.3.AU/F/2008 pada tanggal 7 Rabi’ul Awwal 1429 H atau bertepatan dengan 15 Maret 2008 M.
         Beragam kegiatan dan agenda pemberdayaan, baik yang telah terimplementasikan selama kurun waktu satu tahun (2008-2009) maupun rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan perlu dievaluasi dan dikoordinasi ulang dalam pencapaian Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Purworejo di antaranya yang tercantum dalam Misi ke-4 yaitu menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Islami yang sebenar-benarnya. Berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah terealisasikan di antaranya: Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Petani kerja sama dengan MPM PP Muhammadiyah dan MPM PDM pada tahun 2007 (kegiatan ini menjadi embrio berdirinya Kader Pemberdayaan Masyarakat UMP), Pendampingan di dua desa dampingan UMP yaitu di desa Cokroyasan Kecamatan Ngombol dan desa Mayungsari Kecamatan Bener untuk bidang Pertanian dan Pendidikan, Pelatihan PRA untuk Kader Pemberdayaan Masyarakat UMP dan Aktivis Karang Taruna, Pembentukan PKBM “Surya Mandiri” (perijinan sedang dalam proses) yang telah melaksanakan kegiatan di bidang pendidikan berupa Try Out untuk persiapan UAN/AS SMA/SMK/MAN Kelas XII dan beberapa kegiatan-kegiatan lainnya.
         Selama kurun waktu satu tahun Pemberdayaan Masyarakat UMP telah berusaha semaksimal mungkin menggerakkan berbagai kondisi yang diperlukan seperti mendorong roda organisasi, melakukan pendampingan masyarakat, membangun jejaring baik internal maupun eksternal serta menginisiasi berbagai model dan piloting kegiatan pemberdayaan.
         Namun tidak dapat dipungkiri, masih terdapat beberapa kendala dalam melaksanakan berbagai program pemberdayaan masyarakat di antaranya intensitas kerja sama dan koordinasi yang masih minim antara UMP, PCM dan PCA di Kabupaten Purworejo, sehingga program Pemberdayaan Masyarakat UMP belum dapat menyentuh semua wilayah kecamatan di Kabupaten Purworejo karena hanya terfokus di dua desa dampingan UMP yaitu desa Cokroyasan dan Mayungsari.
         Oleh karena itu, dalam upaya merefleksikan berbagai implementasi kegiatan pemberdayaan masyarakat dan modifikasi ulang program-program yang akan dilaksanakan, UMP berinisiatif untuk mengadakan Rapat Koordinasi kerja sama. Diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung akan terwujud koordinasi yang baik dan dinamis serta saling bersinergi antara UMP, PCM dan PCA sehingga program pemberdayaan dapat berjalan dengan maksimal dan menyentuh berbagai wilayah dan akhirnya dapat mendorong terwujudnya kemandirian dan kedaulatan menuju masyarakat Islami yang sebenar-benarnya.

Bentuk Kegiatan
  1. Ceramah
  2. Rapat Koordinasi Kerja sama.
Tujuan
  1. Meningkatkan kebermaknaan UMP di masyarakat khususnya warga Muhammadiyah dalam rangka pemberdayaan masyarakat miskin/terpinggirkan.
  2. Terjalinnya kerja sama yang baik antara UMP, PCM dan PCA se Kabupaten Purworejo dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat.
  3. Evaluasi realisasi program pemberdayaan masyarakat Universitas Muhammadiyah Purworejo selama kurun waktu 2008-2009.
  4. Pemetaan persoalan sekaligus identifikasi faktor-faktor strategis di masing-masing PCM dan PCA dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat  untuk merumuskan langkah ke depan.
Desain Acara/Persidangan

A. Ceramah dan Dialog
Forum ini terdiri dari dua sesi yaitu:
  1. Ceramah Umum Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo tentang Komitmen UMP dalam program pemberdayaan menuju masyarakat Islami yang sebenar-benarnya.
  2. Ceramah oleh Ir. Sayoga Yulianto, M.M. tentang Model Kerja sama UMP dengan Persyarikatan Muhammadiyah yang dilanjutkan dengan dialog.
  3. Ceramah dan dialog interaktif Oleh Dwi Irawati, M.Si. tentang “Mekanisme pembentukan jeringan Pasar”
B. Rapat Koordinasi Kerja sama UMP dengan Persyarikatan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Purworejo.
Dalam forum ini, peserta akan dibagi dalam tiga kelompok diskusi. Setiap kelompok akan membahas topik yang berbeda dari tiga topik yang sudah disediakan. Tiga topik yang disediakan, yaitu:
  1. Integrated Farming
  2. Model Kerja sama
  3. Pengembangan Usaha:
  • Pengembangan Produk Olahan
  • Pengembangan Pemasaran
Waktu dan Tempat

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Rabbi’ul Awwal 1430 H / 14 Maret 2009 M di Auditorium Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Peserta

Unsur peserta yang diundang dalam Rapat Koordinasi Kerja Sama ini adalah:
  1. LPPM UMP
  2. Dekan Fakultas Pertanian UMP
  3. Dekan Fakultas Peternakan UMP
  4. Dekan Fakultas Ekonomi UMP
  5. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan UMP
  6. Dekan Fakultas Teknik UMP
  7. Dosen Fakultas Pertanian UMP
  8. Dosen Fakultas Peternakan UMP
  9. Dosen Fakultas Ekonomi UMP
  10. Dosen Fakultas Keguruan da Ilmu Pendidikan UMP
  11. Dosen Fakultas Teknik UMP
  12. Pimpinan Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo
  13. Unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kabupaten Purworejo
  14. Unsur Pimpinan Cabang ‘Aisiyah se Kabupaten Purworejo
         Dalam pelaksanaan kegiatan, Rakor Kerja Sama ini dihadiri oleh 71 peserta yaitu dari unsur Dekan Fakultas Pertanian UMP, Dekan Fakultas Ekonomi UMP, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP, Perwakilan Dosen Fakultas Pertanian UMP, Perwakilan Dosen Fakultas Ekonomi UMP, Perwakilan Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMP, Pimpinan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UMP, Unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang ’Aisyiyah se-Kabupaten Purworejo. Daftar peserta Rakor Kerja Sama dapat dilihat pada lampiran I.

Gambaran Umum Kegiatan
 
         Rapat Koordinasi Kerja Sama UMP dengan Seluruh PCM dan PCA se-Kabupaten Purworejo ini dihadiri oleh 71 peserta. Dalam Rakor Kerja Sama ini turut bila mengundang Pimpinan Daerah Muhammadiyah Purworejo dan Pimpinan Daerah  ’Aisyiyah Purworejo. Kegiatan Rakor dimulai pada pukul 08.30 WIB yang semula dijadwalkan dimulai pada pukul 08.00 WIB dikarenakan utusan dari masing-masing PCM dan PCA belum semua hadir. Rakor Kerja Sama ini diawali dengan laporan ketua panitia kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua PDM Purworejo dan sambutan Rektor UMP sekaligus membuka acara Rakor Kerja Sama UMP dengan Seluruh PCM dan PCA se-Kabupaten Purworejo.
         Kegiatan Rakor Kerjasama ini terdiri dari dua sesi, yakni sesi yang pertama berupa Ceramah Umum dan dialog interaktif serta sesi yang kedua adalah Sidang Komisi. Pada sesi pertama diawali dengan Ceramah Umum dengan tema “ Komitmen UMP dalam program pemberdayaan menuju masyarakat Islami yang sebenar-benarnya” dengan pembicara Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dilanjutkan dengan dialog interaktif dengan tema “Model kerja sama UMP dengan Persyarikatan Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah” dengan pembicara Ir. Sayoga Yulianto, M.M., dan materi “Mekanisme pembentukan jaringan pasar” dengan pembicara Dwi Irawati, M.Si.
         Sesi yang kedua berupa Sidang Komisi, peserta Rakor dibagi menjadi tiga kelompok diskusi yang dipisah dalam tiga tempat yang berbeda. Kelompok I membahas masalah “Integrated Farming” dipandu oleh Ir. Zulfanita, MP. dan Ir. H. Didik Widiyantono bertempat di Ruang Rapat UMP. Kelompok II membahas “Model Verja Sama” yang dipandu oleh Ir. Sayogo Yulianto bertempat di Auditórium UMP. Sedangkan kelompok III membahas “Pengembangan Usaha” yang dipandu oleh Dwi Irawati, M.Si. dan dr. Danni Igustiana yang bertempat di Ruang Pemberdayaan Masyarakat UMP.
         Dalam setiap forum, para peserta tampak antusias dalam mengikuti setiap pembahasan, baik ketika sesi Ceramah Umum dan Dialog Interaktif maupun ketika Sidang Komisi. Peserta Rakor dari Utusan PCM maupun PCA berharap agar kegiatan Pemberdayaan Masyarakat UMP bisa menyentuh masyarakat secara labih luas, khususnya di setiap PCM dan PCA se-Kabupaten Purworejo sehingga kebermaknaan UMP dapat lebih dirasakan masyarakat luas. Hal ini menjadi evaluasi bagi program-program Pemberdayaan Masyarakat UMP. Di Komisi I dan III, dapat terpetakan potensi dan unit kegiatan usaha di masing-masing PCM dan PCA sehingga dapat dirumuskan langkah ke depan untuk segera ditindak lanjuti. Pada Komisi II disepakati dibuatnya rancangan Draft Kemitraan antara UMP, PCM dan PCA dalam rangka Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat.
         Secara umum, tujuan Kegiatan Rakor Kerja Sama UMP dengan Seluruh PCM dan PCA se-Kabupaten Purworejo ini dapat tercapai. Kegiatan ini berakhir pada pukul 14.55 WIB dan ditutup oleh Rektor UMP.

Keputusan Rakor dan Kerja Sama UMP, PCM dan PCA
 
         Keputusan hasil dan tindak lanjut dari Rakor dan Kerja Sama UMP dengan Seluruh PCM dan PCA se-Kabupaten Purworejo ini dapat dilihat pada lampiran III.
 
Download Laporan Lengkap di sini - download