PKP - Pusat Kajian Perempuan

Profil PKP | Dasar Pemikiran PKP | Program Kerja PKP | Kiprah PKP


Pusat Kajian Perempuan Universitas Muhammadiyah Purworejo merupakan bagian dari masyarakat yang berpartisipasi aktif dalam pembangunan yang berkelanjutan dan berupaya menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pusat Kajian Perempuan Universitas Muhammadiyah Purworejo berupaya untuk menegakkan hak-hak perempuan dan laki-laki atas kesempatan yang sama, pengakuan yang sama, dan penghargaan yang sama di masyarakat dalam proses pembangunan, akses yang sama terhadap pelayanan serta memiliki status sosial dan ekonomi yang simbang (Kesetaraan dan keadilan Gender). Berangkat dari kesadaran itulah, Pusat Kajian Perempuan mengembangkan dirinya untuk terus menerus melakukan kegiatan:
  1. Pengkajian tentang permasalahan perempuan dan gender,
  2. Mengembangkan konsep-konsep mengenai hubungan gender.
  3. Memberikan dukungan ilmiah bagi perumusan kebijakan yang berkaitan dengan gender.
  4. Melaksanakan pelatihan dan pengembangan untuk studi gender di PSW Universitas lainnya dan bagi rencana di lembaga pemerintahan.
  5. Melaksanakan konsultasi terkait gender, dan
Visi dan Misi
 
Sebagai lembaga yang bernaung dibawah perguruan tinggi Muhammadiyah ,dengan sendirinya ciri keIslaman melekat dalam gerak langkah Pusat Kajian Perempuan, Melalui penggalian nilai-nilai Islam dalam menjawab masalah perempuan, Pusat Kajian Perempuan diharapkan dapat menyumbangkan nilai alternatif selain nilai yang selama ini mendominasi pemikiran permasalahan perempuan.
 
Dengan visi "Studi Masalah Perempuan Berlandaskan Nilai-nilai Islam untuk Pencerahan Umat",dan misi "Meningkatkan Harkat dan Martabat Kaum Perempuan Sesuai dengan Tuntutan Islam". Pusat Kajian Perempuan mengupayakan terwujudnya kemitraan yang harmonis antara waanita dan pria di segala bidang kehidupan dan segenap kegiatan pembangunan sebagai tujuan jangka panjangnya. Tujuan tersebut didekati melalui upaya-upaya berikut ini :
  1. Menggali dan mengembangkan konsep peran wanita dalaam keeluarga,masyarakat dan pembaangunan dalam perspektif Islam.
  2. Menggali pola hubungan pria -wanita yang berkeadilan berdasar AL-Qur'an dan Al-Hadits.
  3. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dan mensosialisasikaan hasil-hasil kajian kepada masyarakat.